• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Seperti yang kita tahu, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pada sebuah foto tidak hanya dengan asal memotret saja. Namun, perlu adanya sebuah teknik dan komposisi tertentu. Salah satunya yakni dengan teknik melukis cahaya atau saat ini yang dikenal dengan Light Painting Photography.

Teknik Light Painting sendiri pada dasarnya merupakan teknik yang memainkan eksposure panjang. Cahaya yang bergerak akan terus ditangkap dalam frame sampai waktu tertentu sehingga menghasilkan sebuah lukisan cahaya. Teknik ini memang tergolong unik dan menarik. namun, dibalik semua itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk membuatnya karna memang teknik ini lumayan rumit bagi fotografer pemula.

Adapun beberapa tips yang harus disiapkan untuk membuat Light Painting yakni :

Pertama, Carilah tempat yang strategis dan tidak terlalu banyak cahaya agar foto yang dihasilkan bisa lebih fokus pada cahaya light painting saja.

Kedua, Gunakan tripod sebagai media penyangga kamera ataupun media lain juga bisa asalkan tidak menimbulkan pergerakan atau getaran. Tripod juga menjadi salah satu hal terpenting karna dapat menentukan kualitas hasil dari light painting nantinya.

Ketiga, Gunakan mode manual pada kamera yang dipakai. setelah itu, setting kamera dengan iso rendah yakni berkisar antara 100 – 200 . Setelah setting iso, setting juga aperture menjadi f/8 ataupun f/10 agar mendapatkan depth of field yang lebih dalam dan membuat kamu dapat menggunakan shutter speed yang lama. Atur Shutter speed sampai ke titik bulb atau shutter speed rendah. inti dari semua settingan ini adalah memainkan eksposure yang panjang.

Keempat, yang paling utama yakni sumber cahaya yang akan digunakan untuk melukis/ menggambar ke dalam frame. Gunakan warna cahaya sesuai selera atau kebutuhan. namun, jika ingin menggunakan cahaya yang beragam justru akan menghasilkan gambar yang lebih bagus menurut saya. Saat akan memulai melukis cahaya, usahakan menggunakan pakaian yang gelap dan tidak memantulkan cahaya. Gunakan objek-objek yang menarik untuk menambah nilai keindahan. kreatifitas pelukis juga sangat dipertaruhkan dalam hasil akhir light painting nanti.

Dalam membuat Light Painting ini tidak hanya berpacu pada satu hasil saja. Melainkan dibutuhkan berkali-kali percobaan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. oleh karna itu kesabaran sangat diperlukan dan juga kreatifitas yang tinggi yang menambah nilai pada hasil akhir nantinya.