Hallo Reeek! Udah tahu belum dengan teknik kamera Low Key Lighting? ini ada tips dari Retno, gimana sih caranya bisa menghasilkan foto yang keren sekaligus kece, yuk sekrol kebawah!

Gimana? Keren bukan foto diatas itu. Ya foto diatas itu menggunakan teknik Low Key Lighting, sebelumnya kalian sudah tahu belum apa sih itu Teknik Low Key Lighting?

Jadi Low Key Lighting adalah foto yang didominasi warna gelap dan hanya sedikit bagian yang terang. Teknik ini cocok buat kalian yang suka dengan konsep kegelapan hehe…Low key lighting bukan under-exposure, exposure bisa dipertahankan dengan tepat sesuai target. Latar belakang hitam, sebaiknya properti juga dominan gelap. Pencahayaan hanya dikenakan pada bagian kecil yang dianggap penting.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Salah satu karakter dari Low key lighting ditunjukkan dengan histogram yang lebih banyak pada bagian gelap (shadow).

Teknik Low Key Lighting sendiri lebih sering digunakan untuk memotret portrait (manusia), terutama dalam setting studio/indoor, dimana fotografer mengendalikan penuh sifat cahaya, arah, penyebaran, dan intensitas cahaya.

Low key lighting akan menonjolkan kontras dari sebuah objek foto. Bedanya terletak pada eksekusi serta hasil akhir.Pada foto low key lighting karena pencahayaan sangat minim, maka hanya ditekankan pada bagian tertentu objek foto.

Untuk pemotretan ini, tantangannya biasanya mengarahkan cahaya ke bagian yang bagus dan membatasi cahaya untuk tidak menerangi hal-hal yang tidak diinginkan. Pose dan ekspresi subjek juga menentukan keberhasilan foto low key lighting. Perlu komunnikasi dan kerjasama anatara fotografer dan subjek foto yang baik untuk menghasilkna foto low key lighting yang menarik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kapan waktu yang tepat belajar fotografi menggunakan teknik low key lighting? Teknik ini cocok untuk memberikan nuansa misterius, kesedihan ke dalam foto. Biasanya digunakan untuk foto kedukaan, portrait misterius, dan yang tema foto yang menyeramkan (horor).

Tips Cara memotret Low Key Lighting

  1. Tentukan lokasi dengan kondisi cahaya yang tidak berlebihan, bahkan remang-remang juga lebih mudah untuk memotret low key lighting.
  2. Gunakan satu sumber cahaya, baik cahaya buatan atau cahaya alami(natural light) yang bisa bersumber dari jendela, lampu belajar dll. atur posisi subjek yang akan difoto hingga mendapatkan efek yang dramastis. Kalian juga bisa menggunakan refelctor untuk mendapatkan efek cahaya yang lebih bagus.
  3. Atur exposure jika hasil foto terasa gelap ataupun sebaliknya. Kombinasikan setingan aperture, ISO dan kecepatan rana kamera Kalian atau biasa disebut segitiga exposure.
  4. Low key portrait dapat terlihat lebuih dramastis bila menggunakan satu cahaya dari samping, untuk itu jangan menggunakan flash kamera digital kalian, matikanlah flash kamera saat memotret low key portrait
  5. Foto jenis apapun, komposisi menjadi peranan yang penting. Atur komposisi foto portrait kalian. Dalam hal ini kalian bebas bereksperimen untuk mengatur komposisi subjeknya.

Gimana sudah paham belum dengan teknik ini? … semoga bermanfaat dan cobalah.