• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Light Painting (1)

Halo Rek! Ketemu lagi nih sama aku, Bening, aku harap kalian ga bosen baca tulisanku hehe. Masih tetap di pembahasan yang kemarin perihal Lightning Photography nih. Sebelum lanjut ke pembahasan yang baru, mau nanya dulu nih. Jadi, gimana kemaren hasil Loop Lighting kalian?? Berhasil sesuai ekspetasi kah?? Atau mungkin malah melebihi ekspetasi kalian alias outstanding nih?! Ceritain di kolom komentar yah hehe.

Jadi, sekarang aku bakalan bahas tentang sesuatu yang berhubungan dengan menggambar, melukis, dan tentunya cahaya. Mungkin beberapa dari kalian udah tau tentang topik kita kali ini, dari foto diatas, yap! Kali ini kita akan membahas tentang Light Painting. Apa itu Light Painting? Light Painting adalah melukis cahaya dengan menggunakan tehnik fotografi yang bernama Bulb. Tehnik Bulb sendiri adalah sebuah tehnik long-exposure dengan menekan terus-menerus atau mengunci tombol shutter sampai selesai, kemudian dilepas saat selesai.

Kemudian, apa saja yang harus disiapkan untuk memotret Light Painting ini? Mudah banget loh rek, disini kalian hanya perlu menyiapkan kamera tentunya, tripod, sumber cahaya (bisa senter, LED, atau laser), remot untuk shutter release (kalau ada), dan yang terakhir obyek model yang akan dibuat. Pasti sekilas kalian berfikir kok agak ribet yang harus disiapin? Jadi gini, menurut aku pribadi Light Painting itu cukup susah, karena kalau objek kalian bergerak, atau mungkin dari kamera yang tidak stabil, nanti hasilnya bakalan kurang sempurna. Kok bisa? Ya, karena disini memakai tehnik Bulb yang dimana memakai low-exposure jadi sedikit gerakan aja bakalan tertangkap, dan malah seperti bayangan begitu. Jadi disini kalian harus memakai tripod, agar kamera stabil dan lebih nyaman sih hehe. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan setting kameranya juga, disini kalian bisa menggunakan low-exposure sekitar 10 detik, kemudian kalau memang kondisi gelap gunakanlah setting diafragma(aperture) kecil seperti f/11 sampai f/22.

Disini juga kalian bisa eksplor kreativitas kalian dengan cahaya yang kalian punya, karena setiap sumber cahaya atau bisa dikatakan lampu yang berbeda akan menghasilka efek yang berbeda pula. Jadi kalian olah atau bermain dengan kreativitas kalian sesuai dengan konsep yang kalian inginkan. Berikut beberapa hasil Light Painting yang aku buat:

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Light Painting (2)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Light Painting (3)

Ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan, untuk latihan awal, gunakanlah obyek-obyek kecil untuk terangi. Kemudian kalian juga bisa menggunakan cara menggambar obyek sesuai bentuknya, sehingga lebih mudah. Dan yang terakhir, kalian bisa coba dengan menggunakan kembang api.

Setelah melihat contoh diatas, apakah kalian tertarik untuk mencoba Light Painting? Kalau iya silahkan komen dikolom komentar yah. Sekian pembahasan dan sharing kali ini, selamat mencoba Rek! Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, See ya!!