Mempelajari dasar Teknik-teknik pencahayaan dalam fotografi sangatlah penting. Terutama bagi seseorang yang memiliki kegemaran atau ketertarikan dalam dunia potret-memotret. Wajib banget buat paham secara menyeluruh tentang Teknik pencahayaan dalam fotografi. Dengan memahami Teknik yang ada, seseorang dapat dengan mudah mengambil gambar sesuai apa yang ia inginkan, apa yang ingin diekspresikan olehnya.  Tentunya untuk dapat bersahabat dengan cahaya itu tidak mudah, karena kita harus memahami dengan benar tentang segala Teknik pencahayaan, dan tidak semudah yang dibayangkan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto dengan teknik pencahayaan high key.

Salah satu teknik pencahayaan fotografi yaitu High Key. High key pada fotografi biasanya digunakan ketika sedang pengambilan gambar di studio. Namun dirumah saja bisa kok asalkan alatnya tersedia, hehe. Digunakan untuk menghasilkan foto yang kontrasnya rendah karena dominan terlihat warna putih, sehingga terlihat seluruh bagian wajah objek atau model. Seringkali mengunakan background putih untuk mendukung cahaya terang yang kuat. Pada latar belakang muncul bayangan objek guna memperkuat gambar objek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

High key biasanya digunakan untuk memotret seorang model atau suatu produk. Karena fotografi dengan teknik ini menghasilkan foto yang terlihat jelas dan sangat terang. Untuk di luar ruangan, Teknik ini memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan. Tingkat exposure biasanya tinggi, tetapi jangan sampai overexposure. Karena itu biasanya High Key selalu mengatur exposure secara manual. Arah cahaya, posisi kamera, dan posisi objek sangat menentukan hasilnya. Kesan yang ditampilkan dari High Key adalah foto yang memperlihatkan suasana cerah, ceria, gembira, dan bersih.

Tantangan menggunakan teknik high key ini adalah kita harus berpikir kreatif dalam mengarahkan cahaya, kamera, dan objek. Selain itu, pengaturan exposure juga harus disesuaikan objek agar menghasilkan hasil memuaskan. Komunikasi yang baik juga diperlukan agar hubungan antara fotografer dan model terjalin dengan baik, sehingga model dan fotografer saling mengerti apa yang ingin dicapai dalam sesi pemotretan.