Penggunaan media permainan edukatif dapat dibilang memenuhi kriteria apabila media tersebut dapat melibatkan aspek guru dan murid sehingga tercipta konsep pembelajaran yang dinamis (Farlina, 2019). Contoh dari permainan tersebut adalah Scrabble.

Scrabble adalah salah satu media permainan yang memiliki fungsi untuk mengasah otak. Scrabble dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih dan memiliki tujuan untuk mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang tertulis dari tiap huruf yang disusun.

Permainan Scrabble dapat meningkatkan daya pikir anak, daya kreasi, serta daya ingat. Permainan ini juga dapat digunakan untuk melatih anak yang memiliki kesulitan membaca hingga disleksia. Hal tersebut dikarenakan esensi dari permainan Scrabble adalah merangkai suatu kata, sehingga seorang anak yang memiliki kesulitan membaca dapat mengingat sebuah kata yang telah disusun.

Permainan scrabble berpengaruh secara efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca. Selama permainan, seorang anak menyusun kata dengan terlebih dulu menelusuri huruf-huruf yang ditemuinya dengan menggunakan ujung jari meskipun tidak secara berkelanjutan menelusurinya. Dalam proses pengajaran multisensori (VAKT) dapat dilakukan secara berulang sehingga pada akhirnya anak dapat menulis atau menyusun kata sekaligus membaca dengan benar tanpa terlalu lama menelusuri huruf-huruf. (Varia, Nurul 2013).

Daftar Pustaka

Indri Kusumaningtyas, Tri Nova Hasti Yunianta. Pengembangan Media Scrabble untuk Meningkatkan Procedural Fluency Matematika Siswa SMP. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2019. Universitas Kristen Satya Wacana.

Varia Nihayatus Saadah, Nurul Hidayah. PENGARUH PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA. EMPATHY, Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 1, No 1, Juli 2013. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Nadya Yualdi , Ganda Sumekar , Tarmansyah. EFEKTIFITAS PERMAINAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK KESULITAN MEMBACA. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu. Universitas Negeri Padang.

Farlina Hardianti. Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age. Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Hamzar.