Teknik Pencahayaan Backlight

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto dengan teknik backlight

Bagi kalian yang sudah terjun lama atau sudah akrab dengan dunia fotografi pasti tak asing lagi dengan istilah Backlight. Tapi, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Backlight?

Backlight adalah pencahayaan dari belakang obyek. Di jenis pencahayaan ini, sumber cahaya berada tepat di depan sang fotografer, sehingga bagian depan objek terlihat gelap. Teknik pencahayaan back light biasanya digunakan oleh mereka yang ingin menghasilkan objek foto berupa siluet. Buat objek berdiri membelakangi matahari atau sumber cahaya, dan Sahabaf Fotografi bisa mengambil gambar siluet dengan menghadap ke objek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto Siluet

Istilah backlight sudah tidak asing lagi di masyarakat maupun dikalangan fotografer, namun masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengolah backlight sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus bahkan bernilai seni tinggi.

Kamu dapat mencoba 4 teknik ini untuk menghasilkan foto backlight yang berbeda dan tidak monoton.

1. Gunakan flash

Biasanya waktu foto backlight wajah model akan terlihat gelap karena tidak terkena cahaya matahari. Kamu dapat menggunakan bantuan flash untuk menerangi pada bagian depan sehingga tidak hanya bagian background yang terang tetapi wajah model dapat terlihat dengan jelas.

2. Buat siluet

Kamu dapat memvariasikan backlight dengan teknik siluet. Kamu cukup mengukur pencahayaan pada bagian background, tanpa ada cahaya tambahan lainnya. Kamu dapat berkreasi dengan membuat pose atau bentuk siluet yang menarik.

3. Jadikan over

Foto yang over tidak selalu jelek loh ternyata. Jika kamu dapat memanfaatkan dengan baik, maka bisa menjadi foto yang bagus dan menarik. Biasanya pengukuran dilakukan pada bagian model sehingga bagian background menjadi over-exposed. Disarankan untuk menggunakan lens-hood untuk mengurangi terjadinya flare pada fotomu dan membuat foto menjadi lebih kontras.

4. Low contrast

Teknik ini sedikit beresiko karena foto yang diambil tidak terlalu gelap pada model, tetapi juga tidak terlalu over pada background, jadi kamu mnegambil pengaturan di tengah-tengahnya. hasil fotomu akan sedikit under pada model, dan sedikit over pada background. Jika kamu memotret dengan format RAW, kamu dapat mengedit dan memaksimalkan detail-detail pada fotomu. Untuk menggunakan teknik ini disarankan ketika kontras antara background dan model tidak terlalu jauh.

sumber : https://gudangdigitalonline.com/apa-sih-backlight-dalam-fotografi-yuk-simak-tips-backlight-dalam-fotografi/ dan https://www.keeindonesia.com/blogs/keelesson/4-teknik-foto-backlight