Internet of things atau yang biasa disebut dengan IoT merupakan teknologi yang menggunakan internet kedalam benda-benda disekitar  agar aktivitas kita sehari-hari menjadi lebih mudah. IoT memberi banyak kemudahan didalam kehidupan kita sekarang ini, dan membuat perubahan besar ditengah-tengah kehidupan.

Berikut ini akan dibahas beberapa kategori perubahan yang berada ditengah-tengah kehidupan kita sekarang.

  1. Smart Home

Sekarang kalau mau meninggalkan rumah gak perlu khawatir karena dengan adanya teknologi IoT kita bisa memantau keadaan rumah kita dari jarak jauh. Semisal IoT yang terhubung dengan alat deteksi dan alarm kebakaran rumah, kita akan dapat  mengetahui pemberitahuan dini. Dan hal ini memungkinkan kita mengakses dimanapun kita berada, Hal ini juga menjadikan solusi bagi keamanan rumah.

  1. Industry 4.0

Zaman sekarang industry sudah menggunakan teknologi IoT. Dengan adanya teknologi IoT, keselamatan kerja bisa ditingkatkan karena dengan adanya teknologi ini sehingga pekerjaan tidak langsung di kerjakan oleh manusia. Dengan menggunakan sensor para pekerja dapat memantau pergerakan, keadaan lingkungan sekitar, gas beracun dan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pekerja.

  1. Kesehatan Dan Medis

Dengan adanya teknologi IoT yang ditambahkan kebeberapa perangkat medis diharapkan sesuatu hal-hal yang tidak dinginkan pada pasien dapat diminimalisir. Sehingga sebelum terjadipun dokter bisa mengetahui gangguan potensi kesehatan yang ada pada seseorang dan segera melakukan upaya pencegahan. Selain itu dengan adanya teknologi ini diharapkan penyakit dapat didiagnosis secara akurat.

  1. Smart City

Sekarang dengan adanya teknologi IoT, para pengendara dapat memperkirakan waktu untuk berangkat menggunakan kendaran, karena dengan adanya jalan tol pintar yang dapat mengirimkan perkiraan kondisi jalan tol. Selain itu sekarang ada sensor gedung yang dapat mendeteksi kerusakan pada bangunan, jalanan dan jembatan. Dengan adanya sensor ini diharapkan kerusakan dapat ditangani secara tepat dan tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

 

Nah, itu dia beberapa kategori perubahan yang terjadi dikehidupan kita sekarang dengan adanya teknologi IoT. Kedepannya masih banyak lagi perubahan yang akan terjadi dengan adanya teknologi ini. Sekian dan terima kasih.