Mungkin sudah biasa kita temui orang-orang membuat efek gambar kupu-kupu pada wajah menggunakan make up atau beauty panting. Hal ini merupakan cara manual dalam menciptakan gambar kupu-kupu pada wajah, dan memerlukan keahlian khusus dalam menggambarnya. Sementara itu, dalam dunia fotografi ada sebuah teknik pencahayaan yang dapat menghasilkan bayangan menyerupai sayap kupu-kupu. Teknik ini disebut dengan Butterfly Lighting atau nama lainnya Paramount Lighting.

Butterfly Lighting adalah pola pencahayaan untuk mendapatkan bayangan seperti bentuk kupu-kupu di bawah hidung dengan menempatkan sumber cahaya utama di atas atau lebih tinggi dari model dan agak ke samping kiri atau kanan. Pada dasarnya Fotografer memotret di bawah sumber cahaya untuk mendapatkan pola ini. Seringkali pengaturan Butterfly Lighting ditambah dengan reflektor atau mengisi light di depan subjek, di bawah dan tepat di luar bingkai bidikan untuk memantulkan beberapa cahaya ke mata karena cahaya pada sudut kamera yang tinggi biasanya menyebabkan mata untuk menjadi sangat gelap tanpanya.

Nah.. Kapan sih kita harus menggunakan teknik pencahayaan ini?
Kita bisa menggunakan teknik ini ketika ingin memotret dengan tema glamour. Pencahayaan kupu-kupu dianggap sebagai pengaturan pencahayaan ‘mode’ atau ‘glamour‘. Sering kali ini adalah tampilan yang bagus untuk anak perempuan usia sekolah menengah dan perguruan tinggi. Namun juga baik untuk subyek yang sudah tua karena dapat mengurangi keriput. Biasanya bekerja paling baik dengan wajah yang tipis, sempit dan tulang pipi yang tinggi, tetapi karena ada sedikit bayangan pada wajah, itu dapat menambah berat pada subjek dengan wajah yang lebih bulat. Selain itu, kurangnya bayangan berarti hal tersebut tidak cocok untuk subyek yang memiliki masalah kulit, bekas luka wajah, rambut wajah, dan lain-lain. Teknik pencahayaan ini telah menjadi ‘identik’ dengan glamour wanita, sehingga sangat jarang digunakan ketika ingin memotret seorang pria, karena mungkin kurang sesuai. Selain itu, kurangnya bayangan wajah yang dilemparkan oleh cahaya umumnya tidak terlalu bagus kecuali fitur pria sudah agak feminim.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di sini saya telah memberikan contoh hasil foto dengan menggunakan teknik butterfly lighting. Di bawah hidung objek terlihat ada bayangan yang menyerupai kupu-kupu. Ketika memotret, saya menggunakan satu buah lighting LED yang cukup besar, kemudian menempatkannya tepat di belakang camera, dan lebih tinggi dari model.