Low key merupakan teknik foto yang hasilnya akan didominasi dengan warna gelap. Teknik Low Key tetap menggunakan exposure yang pas (bukan under exposure), namun sebagian besar foto didominasi dengan  warna gelap. Warna terang hanya sebagian kecilnya saja. Hasil dari teknik ini akan terlihat jelas pada histogram dengan kurva yang merapat pada bagian kiri (shadow), sedangkan pada bagian kanan (highlight) dan tengah (midtone) histogram tampak rata atau hanya muncul sebagian kecil. Hal ini menunjukkan bahwa bagian gelap pada foto lebih banyak.

Teknik foto low key dapat dilakukan dengan hanya satu lampu yang diarahkan sedemikian rupa hingga hanya mengenai sebagian kecil objek dan sebisa mungkin mengunakan background berwarna gelap. Pada teknik ini, lampu dikhususkan untuk menyinari bagian model yang ingin ditonjolkan menjadi fokus utama foto, sedangkan background dibiarkan gelap. Lampu yang digunakan dapat dengan lampu yang menghasilkan penyebaran cahaya yang terarah seperti honeycomb atau snoot. Usahakan agar intensitas cahaya tidak terlalu besar dan hanya mengenai bagian yang perlu saja. Sumber cahaya dapat juga menggunakan softbox atau beauty dish, namun perlu diperhatikan aksesori seperti softbox yang memiliki penyebaran cahaya luas dapat menyebabkan bagian terang yang terlalu banyak pada foto. Diluar aksesori-aksesori ini, dapat juga menggunakan lampu lainnya dengan tetap memperhatikan karakteristik teknik low key yang cahayanya hanya mengenai sebagian kecil objek.

Pada teknik yang didominasi dengan warna gelap ini, sebenarnya sebisa mungkin diusahakan agar busana model juga menggunakan warna gelap, namun tidak menjadi kewajiban. Tidak menutup kemungkinan juga untuk teknik ini digunakan pada model dengan busana yang tidak terlalu gelap, namun juga jangan terlalu terang. Make-up dan tata rias pun tidak perlu terlalu gelap. Mungkin banyak foto dengan teknik low key berkesan seram atau misterius, namun sebenarnya inti dari foto low key adalah pencahayaan yang sedikit pada bagian-bagian tertentu saja, bukan berarti konsep atau tema foto harus seram atau misterius.

Nah, udah pada tau kan gimana karakteristik foto low key dan teknik mengambil fotonya. Bisa langsung diterapkan nih!!