Siapa sih yang gak suka foto – foto?, pasti gak sedikit dari kalian suka foto – foto dong ya, meskipun selfie. Sebenaranya selfie juga merupakan bagian dari fotografi lho guys. Sebagian besar dari kalian kalau selfie suka memperhatikan arah datangnya cahaya dong. Nah aku ada salah satu teknik pencahayaan yang simple tapi hasilnya ciamik nih.

SPLIT LIGHTING

Split lighting persis seperti Namanya ia membagi wajah menjadi dua bagian yang sama dengan satu sisi berada dalam cahaya, dan sisi lainnya dalam bayangan. Ini sering digunakan untuk membuat gambar dramatis untuk hal-hal seperti potret musisi atau artis. Pencahayaan split cenderung menjadi pola yang lebih maskulin dan karena itu biasanya lebih sesuai atau dapat diterapkan pada pria daripada untuk wanita. Namun perlu diingat, tidak ada aturan yang tegas dan cepat, jadi saya sarankan Anda menggunakan informasi yang saya berikan di sini sebagai titik awal atau pedoman.

Split Lighting dapat dibuat dengan penempatan cahaya utama arah jam 3 atau jam 9 degan posisi flash sejajar wajah objek dengan sudut 90’ sehingga efek wajah akan terbagi dua Sebagian terang dan Sebagian gelap. Teknik ini bisa digunakan untuk wajah gemuk (chubby face) dikarenakan pada bagian pipi yang sebelah tidak terkena cahaya seolah olah wajah model atau objek tersebut terkesan tirus.

Berikut adalah bentuk penggambaran letak kamera, lighting background dan objek

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

CATATAN: pola pencahayaan apa pun dapat dibuat pada tampilan wajah apa pun (tampilan depan yang menunjukkan kedua telinga, atau ¾ wajah, atau bahkan profil). Perlu diingat bahwa sumber cahaya Anda harus mengikuti wajah untuk mempertahankan pola pencahayaan. Jika mereka menoleh, polanya akan berubah. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda dengan mudah menyesuaikan patten hanya dengan memutar kepalanya sedikit.    

            Gimana mudah bukan untuk dipraktekan dirumah. Hanya dengan menggunakan peralatan seadanya saja kita sudah bisa memotret model seperti halnya seorang fotografi handal. Buat teman – teman jangan lupa dicoba ya.