Dengan mengetahui kepribadian diri kita sendiri, kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri untuk introspeksi diri. Dengan mengetahui kepribadian orang lain, kita dapat meminimalisir kemungkinan konflik berkepanjangan hanya karena masalah sepele karena kita sudah memahami kepribadian orang lain. Memahami kepribadian orang lain merupakan suatu kebutuhan karena akan menentukan interaksi sosial. Tidak semua orang bisa mengenali kepribadian yang ada dalam diri seseorang.

Grafologi dapat digunakan di masa depan untuk membantu merekrut calon karyawan di suatu perusahaan. Grafologi banyak digunakan dalam menyeleksi dan menilai calon karyawan Amerika Serikat dan Eropa, namun Grafologi belum banyak digunakan di Indonesia.

Pertama, kami menghitung citra integral dari citra masukan. Kemudian, kami menghitung rata-rata windows s x s menggunakan gambar integral untuk setiap piksel diikuti dengan perbandingan. Piksel yang lebih kecil dari batas kiri, lebih besar dari lebar gambar dikurangi batas kanan, lebih kecil dari batas atas, dan lebih besar dari tinggi gambar dikurangi batas bawah akan diputihkan karena kita ingin menghapus batas hitam. Tabel I menunjukkan uji coba untuk mendapatkan batas yang sesuai.

Jadi, kami menggunakan batas-batas yang terdapat pada angka 3. Kami menggunakan proyeksi integral vertikal untuk mendapatkan batas atas dan bawah dari area tulisan yang dapat dilihat pada gambar. Batas atas diperoleh dengan menelusuri dari atas tulisan dan mencari titik pertama yang lebih besar dari 0. Kita harus mencari ambang batas untuk menghilangkan titik-titik hitam yang dapat dilihat pada tabel II karena di bawah tulisan tangan terkadang terdapat warna hitam titik.

Ambang batas terbaik untuk menghilangkan titik-titik hitam adalah 7. Penggunaan ambang batas untuk batas bawah menyebabkan zona tulisan bagian bawah menghilang sedikit. Oleh karena itu, nilai batas bawah perlu ditambahkan ke variabel z dikalikan dengan tinggi bidang tulisan sementara sebelum melakukan pemotongan dengan batas bawah. Hal ini dikarenakan dengan nilai maka area penulisan tidak ada yang hilang.

Setelah kita mendapatkan batas atas dan bawah yang benar, kita melakukan cropping berdasarkan batas itu. Setelah itu kita hitung proyeksi integral horizontal untuk mendapatkan batas kiri dan kanan dari luas tulisan yang dapat dilihat pada gambar. Batas kiri diperoleh dengan menelusuri dari kiri tulisan dan mencari titik pertama yang nilainya lebih besar dari 0 sedangkan batas kanan diperoleh dengan cara menelusuri dari kanan tulisan dan mencari titik pertama yang bernilai. lebih besar dari 0. Terakhir, kami melakukan cropping dengan batas.

Menurut ahli, jika tulisan seseorang memiliki perbandingan antara ukuran tulisan dengan spasi kosong <1,5 maka spasi antar baris tulisan menjadi sempit. Jika perbandingan> 2 maka jarak antar baris tulisan menjadi lebar. Pertama-tama kita cari ukuran tulisan dan spasi kosong dari 1/3 bagian tengah area tulisan. Besarnya tulisan dan ruang kosong diperoleh dengan menggunakan proyeksi integral vertikal yang dapat dilihat pada gambar.

Daftar Pustaka
Prasetyo, K. A., Ramadijanti, N., Basuki, A. (2017). Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology. Diambil dari International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing tahun 2017.