• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Grafologi adalah sebuah studi yang membahas tulisan tangan. Tulisan tangan dapat menjadi cerminan kepribadian dari pemilik tulisan tangan tersebut [1]. Layaknya sidik jari, tulisan tangan bersifat unik dan tidak mungkin sama antar satu orang dengan yang lainnya. Identifikasi tulisan tangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun dengan menggunakan teknologi, tingkat akurasi identifikasi akan jauh lebih tinggi. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk pengidentifikasian tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi seluler [2].

Dalam mengidentifikasi tulisan tangan seseorang, terdapat beberapa parameter yang umumnya digunakan. Berdasarkan riset dari Sri Widoretno, M. Sarosa, dan Muhammad Aziz Muslim, beberapa parameter yang dapat digunakan adalah margin tulisan, ukuran tulisan, jarak antar kata, dan jarak antar baris pada tulisan [3].

Dalam Aplikasi dari hasil penelitian Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramidjanti, dan Achmad Basuki [2], parameter yang digunakan dalam mengidentifikasi tulisan tangan antara lain arah tulisan, jarak antar baris, kemiringan tulisan, lebar tulisan, keruncingan tulisan, dan margin tulisan. Untuk tahapan identifikasi tulisan, pengguna akan menulis dua baris kalimat pada kertas A5, kemudian mengambil gambar dari tulisan menggunakan smartphone. Setelah menginput gambar, Tahapan selanjutnya adalah Pre-Process, dimana tulisan akan diidentifikasi berdasarkan parameter yang telah disebutkan, dan kemudian dilanjutkan Personality Description, dimana kepribadian dari pengguna akan dideskripsikan.

Tingkat akurasi dari aplikasi ini telah cukup teruji. Dari tes yang diberikan pakar graphology, aplikasi ini mendapatkan 25 hasil yang serupa dengan pakar graphology dari 25 tes yang diberikan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menggunakan tes ini sebagai salah satu referensi untuk jauh lebih mengenal kepribadian diri dan menjadi sarana instropeksi supaya pribadi pengguna bisa menjadi jauh lebih baik.

[1] Dwi Sunar Prasetyono, “Bedah Lengkap Grafologi Membaca Kepribadian Orang Lewat Tulisan Tangannya,” DIVA Press, 2012.

[2] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.

[3] Sri Widoretno, M. Sarosa, Muhammad Aziz Muslim. “Implementasi Pengenalan Karakter Seseorang Berdasarkan Pola Tulisan Tangan.” Jurnal EECCIS, vol. 7, no. 2, pp. 96-101, December 2013.