Kerja praktik merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu bagi mahasiswa PENS, salah satunya adalah bagi mahasiswa Multimedia Broadcasting  yang sedang menempuh semester 4 ke semester 5. Kerja praktik ini merupakan syarat kelulusan yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa PENS untuk lulus dalam program studinya. Tetapi meskipun begitu, kerja praktik ini sangat dinantikan karena mahasiswa dapat secara langsung memperoleh pengalaman di dunia kerja sekaligus menghubungkan antara mata kuliah yang diperoleh dari kampus dengan lapangan kerja sebenarnya. Selain itu mahasiswa juga dapat melatih ketrampilan, sikap, serta pola bertindak di dalam lingkungan kerja yang sebenarnya.

Namun ada yang berbeda pada tahun 2020 ini, sejak adanya pademi yang mulai masuk di Indonesia pada bulan Maret lalu, seluruh sistem kerja dirombak ulang dan mengharuskan para pekerja dan pelajar untuk melakukan segala aktifitas nya di rumah. Segala aktifitas pun dilakukan secara daring, baik itu bekerja, belajar, jual-beli, konser, bahkan pernikahan. Sistem daring ini tidak dapat dipungkiri harus dilakukan sebagai usaha untuk menurunkan rantai penularan COVID-19 termasuk dalam melakukan Kerja Praktik.

Selama melakukan Kerja Praktik secara daring ini komunikasi dijalankan melalui aplikasi Whatsapp dengan media penyimpanan hasil kerja melalui aplikasi Google Drive. Setiap minggu peserta kerja praktik diberi tugas melalui spreadsheet yang tiap hari nya harus dilaporkan progres pengerjaan nya. Menurut saya komunikasi daring melalui Whatsapp berjalan dengan lancar meskipun hanya dilakukan secara chat. Kerja Praktik secara daring ini saya kerjakan di rumah, namun saya merasa kesulitan membagi waktu antara urusan kerja praktik dan urusan rumah sehingga fokus untuk mengerjakan tugas terkadang terhambat.

Pada akhir nya meskipun Kerja Praktik berjalan dengan baik, saya merasa kurang puas karena dengan Kerja Praktik secara daring ini saya tidak bisa merasakan secara langsung lingkungan dan budaya kerja di Alpaka Social Media dan tidak bisa berkenalan akrab dengan team yang bekerja di Alpaka Social Media.