Grafologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang tulisan. Ada dua jenis grafologi, yakni grafologi yang bernaung di bawah psikologi dan grafologi yang ada dalam bidang linguistik. Dalam psikologi, grafologi adalah tentang analisis pola tulisan tangan yang dapat mengidentifikasi kondisi psikologis maupun karakter dari seseorang[1]. Secara umum, grafologi dikategorikan sebagai ilmu semu.

Berbeda dengan bidang psikologi yang mengurusi kejiwaan, grafologi di linguistik adalah penyetaraan dengan fonologi dalam kajian bunyi bahasa manusia. Satuan dalam grafologi disebut grafem, yang setara dengan fonem. Selain itu, ada pula grafetik yang setara dengan fonetik sehingga satuannya pun disusun setara, yakni graf yang setara dengan fon (fona).

Beberapa penelitian tentang grafologi telah ada sebelumnya, seperti penelitian dari Dewi Mutamimah [2] yang membuat android aplikasi untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang menggunakan analisis tulisan tangan. Panjang tulisan tangan yang digunakan adalah satu

garis. Parameter yang digunakan adalah zona tulis, jarak spasi, tulisan ukuran, dan gaya penulisan. Keluarannya berupa deskripsi kepribadian pengguna.

Terdapat 3 tahapan yang dilakukan dalam aplikasi hasil dari penelitian Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, dan Achmad Basuki [3], yaitu Input Image, Pre-Process dan juga Personality Identification. Dimana setiap tahapan terdapat beberapa proses yang harus dilakukan.

Aplikasi ini sangat dapat membantu banyak kalangan yang ingin mengetahui jati dirinya lebih dalam. Dengan ini seseorang dapat mengetahui kemampuan yang ia miliki dan mengembangkannya.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Longman Dictionary of Psychology and Psychiatry, Longman Group United Kingdom, 1983.

[2] Dewi Mutamimah, “Pengenalan Kepribadian Orang Menggunakan Tulisan Tangan (Grafologi)”, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2015.

[3] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.