Usman bin Affan merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad (SAW) yang termasuk assabiqunal awwalun atau orang-orang yang pertama masuk islam. Usman bin Affan dikenal sebagai pedagang yang dermawan dan sangat jujur, Beliau juga termasuk khulafaurrasyidin ketiga di tahun 644-655 Masehi. Sejarah Usman bin Affan dinilai sangat penting untuk dibelajari bagi orang muslim, karena Usman bin Affan banyak sekali berjasa dan membuat banyak kebijakan yang sangat mendukung perkembangan islam.

Namun seiring perkembangan zaman, dari waktu ke waktu. Sejarah dari para sahabat salah satunya adalah Usman bi Affan semakin terkikis dan terlupakan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya informasi tentang Usman bi Affan di media elektronik, dan platform lain. Seperti Film, animasi, dan game [2]. Di masa sekarang orang-orang lebih tertarik kepada media yang sifanya interaktif seperti game.

Disisi lain, game yang membawakan tentang tema sejarah tokoh islam sangat jarang ditemukan, atau jarang sekali dibuat. Sebagian besar platform yang menjelaskan dan memberikan cerita dari tokoh Usman bi Affan masih bersifat teks atau hanya dalam buku atau e-book di internet, yang membuat banyak orang sulit tertarik dengan sejarah tokoh islam.

Dengan mengenalkan dan memberitahukan tentang sejarah tokoh muslim yaitu Usman bi Affan melalui media elektronik yang menarik dan interaktif, serta menambah pengetahuan, yaitu game. Pada game ini memiliki gameplay dimana player harus menggambar garis untuk menunjukkan atau menyeleksi objek yang ada, menggunakan algoritma Monotone Chain Convex Hull untuk membuat game lebih interaktif. Monotone Chain Convex Hull yang bertujuan untuk menyeleksi objek yang terdekat dengan garis. Terdapat beberapa 3 stage dimana setiap stage terdiri dari 3 level. Masing-masing stage memiliki cut story yang berbeda, seperti pada stage 1 yaitu cerita tentang membeli sumur Rum, stage 2 tentang memanajemen Baitul Mal, dan stage 3 yaitu mengupulkan mushaf Al Quran. Setelah game dibuat, kemudian game akan diujikan untuk anak usia sekolah dasar dengan tujuan untuk melatih memori dan kemampuan anak untuk menerima informasi yang diberikan.

Berdasarkan hasil pengujian game kepada responden anak usia sekolah dasar dengan jumlah 35 anak adalah bahwa responden memberikan penilaian yang baik pada keempat unsur yang ada pada ini game, termasuk gameplay, story, dan visual.

Di masa sekarang dimana belajar terasa sangat membosankan bagi beberapa orang. Banyak orang kesulitan dan malas untuk mempelajari sejarah, salah satunya adalah sejarah tokoh islam yaitu Usman bin Affan. Game edukasi yang dibuat dengan mengambil tema sejarah Usman bun Affan yang membawa edukasi sejarah menggunakan algoritma Chain Convex Hull sehingga gameplay menarik dan interaktif dimainkan untuk anak-anak.

Untuk membuat game lebih menarik dan agar anak-anak lebih tertarik untuk memainkan game ini, kita bisa mengembangkan dengan menambahkan banya cerita baru dengan stage dan level lebih banyak. Pada gameplay juga bisa ditambahkan variasi dengan menambahkan gameplay baru.

Daftar Pustaka :

[1] Nyimas Ariny Sabilarrusyda, Achmad Basuki, Kholid Fathoni, “Game Mobile Application History of Uthman Ibn Affan Based on Monotone Chain Convex Hull Algorithm,” International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), p. 208-213, 2017.

[2] Nyimas Ariny Sabilarrusyda, Achmad Basuki, Kholid Fathoni, “Game Mobile Application History of Uthman Ibn Affan Based on Monotone Chain Convex Hull Algorithm,” International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), p. 208-213, 2017.