Algoritma Monotone Chain Convex Haul adalah sebuah algoritma yang dapat menentukan wilayah terluar dari satu kumpulan titik. Kumpulan titik yang didapatkan tersebut lalu membentuk sebuah convex hull atau lapisan convex dalam satuan waktu. Cara algoritma ini bekerja adalah dengan memilah titik dari koordinat x dan disatukan dengan koordinat y sehingga membentuk dua kerangka (atas dan bawah). Kerangka atas termasuk dalam bagian convex haul yang dapat dilihat dari atas dan dimulai dari titik terkanan menuju titik terkiri tidak mengikuti arah jarum jam. Sedangkan kerangka bawah termasuk bagian sisa dari convex haul dan dimulai terbalik dari kerangka atas [1].

Monotone Chain Convex Hull ini dapat digunakan sebagai gameplay sebuah video game yang nantinya akan menambah nilai interaktif dari game tersebut. Algoritma ini akan melakukan pengecekan apakah obyek-obyek yang dipilih oleh pemain sesuai dengan misi yang diberikan oleh game. Contoh sederhana dari pengaplikasian algoritma ini dapat kita lihat pada game “Draw a Stickman”. Menurut Hitcents sebagai yang mengembangkan game ini, algoritma Monotone Chain Convex Haul bekerja lebih cepat pada perangkat mobile dibandingkan algoritma yang lainnya untuk mengecek apakah yang digambar oleh pemain di layar sesuai dengan misi yang diberikan.

Contoh lain dari game yang mengaplikasikan algoritma Monotone Chain Convex Hull ini adalah game “History of Uthman ibn Affan”. Game ini mengangkat kisah dari salah satu sahabat dari Nabi Muhammad SAW yang bernama Usman bin Affan, beliau sudah berperan banyak untuk Islam selama masa hidupnya. Sayang sekali, tidak banyak yang tahu pasti dengan sejarah Usman bin Affan. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan media yang menyediakan informasi tentang tokoh islam yang satu ini di luar sana selain dari buku atau cerita mulut ke mulut yang dapat dibilang kurang efektif. Oleh sebab itulah, game “History of Uthman ibn Affan” dibuat dengan tujuan dapat menjadi media efektif dalam pembelajaran sejarah dari Usman bin Affan terutama untuk anak-anak yang masih berada di sekolah dasar [2].

Terdapat tiga tahap/stage pada game ini yang memiliki cerita masing-masing. Pada stage pertama, diceritakan kisah pembelian Sumur Ruma. Stage kedua berisikan kisah manajemen Baitul Mal. Terakhir, stage ketiga berisikan kisah penggabungan Al-Qur’an menjadi satu naskah. Setiap pemain akan masuk ke dalam stage yang baru, disajikan sebuah animasi yang menjelaskan kisah yang ada pada stage tersebut.

Cara kerja dari algoritma ini pada game “Uthman ibn Affan” yaitu titik-titik akan dipiliha terlebih dahulu oleh koordinat x lalu jika ada titik yang memiliki koordinat x yang sama maka mereka akan disortir dengan koordinat y, inisialisasi array kosong yang akan menyimpan titik dari lower hull. Setelah itu looping tahapannya menggunakan for dan while, setelah mendapatkan semua titik lower hull lalu inisialisasi array kosong untuk upper hull, tentukan titik-titik yang akan disimpan dengan cara yang sama dengan lower hull, hapus semua titik terakhir di kedua array, terakhir gabungkan lower hull dan upper hull [3].

Hasil dari deretan proses tersebut dapat dilihat pada gameplay dari game ini dimana nantinya akan ditampilkan sejumlah karakter yang muncul di layar, lalu pemain harus menggambar sebuah garis yang nantinya tersambung hingga mencakup beberapa obyek ember yang jumlahnya setelah dikurung dengan garis tadi sama banyak dengan jumlah karakter yang muncul. Jika pemain berhasil menyelesaikan misi sebelum waktu habis, maka dapat melanjutkan ke tahap/stage berikutnya atau menyelesaikan game tersebut.

Game ini juga sudah diuji pada 35 murid sekolah dasar dan didapatkan respon yang cukup baik hampir pada keempat aspek yang ada termasuk gameplay. Dapat disimpulkan bahwa anak-anak senang dengan game ini dan dapat belajar tentang sejarah Usman bin Affan dengan efektif.

Daftar Pustaka

[1] Godfried T Toussaint, “A historical note on convex hull finding algorithms,” Elsevier B.V, vol. 3, no. 1, p. 21-28, 1985.

[2] Nyimas Ariny Sabilarrusyda, Achmad Basuki, Kholid Fathony, “Game Mobile Application History of Uthman Ibn Affan Based on Monotone Chain Convex Hull Algorithm,” International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), p. 208-213, 2017.

[3] Nyimas Ariny Sabilarrusyda, Achmad Basuki, Kholid Fathony, “Game Mobile Application History of Uthman Ibn Affan Based on Monotone Chain Convex Hull Algorithm,” International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), p. 208-213, 2017.