Aspek desain dalam kegiatan promosi dan pemasaran memiliki peran yang penting. Desain dapat membentuk atau memberikan atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada produk tersebut. Desain produk merupakan salah satu aspek pembentuk citra perusahaan. Desain yang baik bukan hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar dengan bagus, tapi harus bisa mengkomunikasikan dengan baik pesan yang ingin disampaikan dari adanya desain tersebut. Karena itu desain harus disesuaikan dengan target. Sebagai contoh, desain undangan ulang tahun untuk anak TK tentu berbeda dengan desain undangan pernikahan. Dalam desain juga perlu diperhatikan layout, tipografi, dan tipopersona nya.

Desain harus mampu menggambarkan kualitas ataupun citra yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan atau ingin dicapai produk/ perusahaan secara visual. Selain itu, desain juga harus mampu mengidentifikasikan produk/perusahaan yaitu menjadi ciri khas yang nantinya akan membedakan dengan pesaingnya.