Keseluruhan cara ketika seseorang bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain disebut kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan mengenal kepribadian kita atau orang lain. Dengan mengetahui kepribadian diri kita sendiri, kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri untuk introspeksi diri. Dengan mengetahui kepribadian orang lain, kita dapat meminimalisir kemungkinan konflik berkepanjangan hanya karena masalah sepele karena kita sudah memahami kepribadian orang lain. Pemahaman tentang kepribadian orang lain merupakan suatu kebutuhan karena akan menentukan interaksi sosial.

Tidak semua orang bisa mengenali kepribadian yang ada dalam diri seseorang. Mengidentifikasi kepribadian seseorang dapat dilakukan dengan menggunakan grafologi. Grafologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Tulisan tangan mencerminkan kepribadian orang tersebut seperti sidik jari membuka identitas seseorang. Namun banyak orang yang belum mengetahui tentang grafologi. Selain itu, ada teknologi yang bisa dimanfaatkan dan menjadi trend di masyarakat. Teknologi tersebut adalah teknologi seluler.

Beberapa penelitian tentang grafologi telah ada sebelumnya, seperti penelitian dari Dewi Mutamimah [2] yang membuat aplikasi android untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang dengan menggunakan analisis tulisan tangan. Panjang tulisan tangan yang digunakan adalah satu baris. Parameter yang digunakan adalah zona tulisan, jarak spasi, ukuran tulisan, dan gaya tulisan. Outputnya berupa deskripsi kepribadian pengguna. Sri Widoretno, M. Sarosa, dan Muhammad Aziz Muslim [3] yang melakukan pengenalan karakter berdasarkan pola tulisan tangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan komputer. Dalam penelitian ini parameter yang digunakan adalah margin writing, baseline writing, ukuran tulisan, dan jarak antar kata. Hasilnya adalah karakter berdasarkan parameter tersebut. Listiana MP Dewi, Hadi Prayitno, Hendri Sopryadi dan Rachmansyah [4] membuat aplikasi sistem pakar android dari analisis tulisan tangan menggunakan algoritma logika fuzzy. Pengguna diminta untuk menjawab pertanyaan tentang tulisan tangan mereka. Outputnya berupa gambaran kepribadian dengan bidang profesi yang sesuai dengan kepribadian tersebut.

Penelitian ini mengusulkan pendekatan baru dalam pembuatan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang dengan menggunakan grafologi. Untuk penelitian kali ini, parameter yang digunakan adalah spasi antar baris, arah penulisan, kemiringan tulisan, lebar tulisan, margin tulisan, dan huruf runcing atau bulat. Penelitian ini diterapkan pada sistem operasi android. Panjang tulisan tangan yang digunakan adalah dua baris.

Grafologi dapat digunakan di masa depan untuk membantu merekrut calon karyawan di suatu perusahaan. Kemampuan calon karyawan tidak lebih penting dari kepribadian yang dimilikinya. Grafologi banyak digunakan dalam memilih dan menilai calon karyawan Amerika Serikat dan Eropa, namun Grafologi belum banyak digunakan di Indonesia [1]. Kontribusi penelitian ini adalah mendapatkan nilai-nilai grafologi dari tulisan tangan menggunakan pengolahan citra. Banyak proses untuk membuat nilai grafologi seperti proyeksi integral untuk margin, spasi antar garis, dan lebar tulisan, pencocokan template untuk huruf bulat atau runcing, transformasi geser untuk kemiringan tulisan, dan trigonometri segitiga untuk arah penulisan.

Dari penelitian dan hasil uji coba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk mengidentifikasi tulisan berdasarkan spasi antar baris, arah tulisan, kemiringan tulisan, lebar tulisan, lebar tulisan. margin tulisan, dan huruf runcing atau bulat. Hasil identifikasi memiliki kinerja yang sama dengan pakar dari 25 tulisan tangan yang diuji.

Daftar Pustaka

[1]     Dwi Sunar Prasetyono, Bedah Lengkap Grafologi Membaca Kepribadian Orang Lewat Tulisan Tangannya, Jogjakarta: DIVA Press, 2012.

[2]     Dewi Mutamimah, “Pengenalan Kepribadian Orang Menggunakan Tulisan Tangan (Grafologi)”, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2015

[3]     Sri Widoretno, M. Sarosa, and Muhammad Aziz Muslim, “Implementasi Pengenalan Karakter Seseorang Berdasarkan Pola Tulisan Tangan”, Jurnal EECCIS, vol.7, no.2, pp. 96-101, December 2013.

[4]     Listiana M.P Dewi, Hadi Prayitno, Hendri Sopryadi and Rachmansyah, “Aplikasi Sistem Pakar Analisis Tulisan Tangan (Grafologi) Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic Berbasis Android”, STMIK GI MDP, 2012.

[5] Kukuh Adi Prasetyo, Nana Ramadijanti, Achmad Basuki, “Mobile Application For Identifying Personality of Person Using Graphology,”  International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), vol. 17, no. 1, p. 220-227, 2017.