Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu merek. termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan.

Brand awareness merupakan salah satu hal terpenting untuk mengembangkan dan mempertahankan kelangsungan sebuah bisnis. Memang tidak mudah untuk meningkatkan brand awareness, akan tetapi dengan perkembangan media sosial yang semakin canggih, brand awareness dapat ditingkatkan dengan lebih mudah.

Ada banyak trik dan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu cara nya adalah membuat giveaway.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Giveaway Kontes oleh Produk Minuman EsBeeyee

Berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam melakukan giveaway:

  • Terdapat dua bentuk giveaway

Secara garis besar, bentuk giveaway bisa dibagi menjadi dua yaitu undian dan kontes. Biasanya, giveaway berbentuk kontes juga dilengkapi syarat untuk menyisipkan produk atau jasa. Sehingga, tujuan untuk meningkatkan penjualan bisa tercapai melalui giveaway tersebut.

  • Susunlah perencanaan secara matang

Sebelum melakukan giveaway perlu adanya perencanaan yang matang untuk membuat konsep, mempromosikan giveaway, menyiapkan hadiah, dan hal-hal penting lainnya. Promosi harus sudah dimulai sebelum giveaway berlangsung agar para pengguna media sosial memiliki kesempatan lebih besar untuk mengikutinya. Membuat giveaway dalam konteks lebih besar biasanya juga butuh microsite, sehingga calon peserta giveaway bisa mengakses informasi secara mudah.

  • Menyiapkan perangkat untuk memproses giveaway

Minat pengguna media sosial untuk mengikuti giveaway mungkin akan menghasilkan output yang besar sehingga perlu menyiapkan perangkat untuk mengumpulkan data analitik ketika membuat giveaway. Selain itu konten giveaway yang sudah diikutsertakan oleh peserta harus secara cermat dikumpulkan agar tak ada yang terlewat. Dua alasan inilah yang membuat penggunaan aplikasi berkualitas diperlukan demi menunjang kelancaran proses giveaway.

  • Menghargai partisipan giveaway

Dalam membuat giveaway, sebaiknya penyelenggara tidak hanya menyiapkan hadiah utama saja. Karena para peserta giveaway juga mengharapkan penghargaan lainnya. Penyelenggara bisa menyiapkan hadiah-hadiah kecil berupa voucher atau produk lainnya sebagai bentuk penghargaan kepada para peserta. Jangan lupa pula untuk mem-posting hasil karya peserta yang istimewa jika giveaway yang diselenggarakan dalam bentuk kontes.

Sumber: https://magazine.job-like.com/tips-membuat-giveaway/