Assalamu’alaikum

Kembali lagi disini bersama saya Vannya. jadi di pertemuan kali ini, sesuai dengan judul artikel ini ‘Gimana caranya kalau mau Delete Data?’ . Gimana sih caranya biar bisa delete data dalam SQL? ok akan kita bahas setelah ini.

nah jadi, Delete data disini cara kerjanya adalah dengan mengubah data sesuai ID yang kita pilih. Untuk syntax nya yaitu : “DELETE nama_kolom FROM nama_tabel WHERE kondisi;”. Disini konsepnya yaitu dengan memanggil program menggunakan a href. maka kita akan membuat program baru -disini saya beri nama del1.php- untuk menjalankan program update ini yang kemudian dibuat 2 file php yang saling keterkaitan. disini saya membuat file del1.php dan deletetabel2.php

untuk dapat memahami lebih lanjut, ketik coding dibawah ini.

disini kita menambah tabel header baru dengan nama DEL yang nantinya akan memanggil link del.php dengan a href. saat program ini dijalankan maka akan tampil seperti gambar dibawah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
hasil output coding deletetabel2.php

disini kita ingin menghapus NRP 1103191006 atas nama Valiana. caranya adalah dengan menekan DEL yang kemudian oleh program tersebut diambil ID-nya dan akan diproses pada program del1.php

untuk membuat program del1.php ketik coding dibawah ini,

jika kita menekan delete pada nomer ke 17 pada tabel, maka ID data ersebut akan diambil dan diproses pada program diatas yang kemudian jika berhasil maka outputnya seperti ini.

maka data di nomer urut 17 akan otomatis hilang seperti yang ditampilkan di tabel diatas.

sekian untuk pembahasan kali ini

see u when i see ya 🙂

wassalamu’alaikum