Pantai ini terletak di Dusun Penanjan, kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pantai ini merupakan pantai yang paling bagus dikawasan Dusun tersebut. Namanya lorena kepanjangan dari lorre Nanjan yang artinya Utaranya Nanjan, karena letaknya di Utaranya Penanjan sehingga dinamai Lorena. Pantai ini sering dikunjungi oleh para pengunjung yang tengah melakukan perjalanan jauh untuk sekedar berfoto dan nongkrong karena pemandangan di sore hari yang indah untuk dilihat di pantai Lorena. Tidak hanya pantai saja yang ada disitu tetapi banyak pedagang yang berjualan di tepi pantai atau dipinggir jalan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Lorena tidak jauh dari Hotel Tanjung Kodok Beach Resort sekitar 1 KM saja, sehingga dari kejauhan bisa terlihat gedung dari hotel tanjung kodok. Dulu pantai ini memiliki pohon yang ada di tengah laut sehingga menjadi ciri khas di pantai Lorena. Orang-orang Dusun Penanjan mengenal nama pohon itu dengan sebutan kayu anak. Mereka tidak tahu persis nama pohon itu apa. Namun Sekarang pohon itu sudah mati, selain dimakan usia ada seseorang yang ikut campur tangan merusak dengan memasangkan bendera partai di pohon itu. Tidak tahu siapa pelaku tersebut, tetapi bukan orang penanjan sendiri yang memasang bendera itu.

Orang yang tinggal di Dusun Penanjan memiliki hobby mencari kerang dan tumpengan untuk sekedar dimasak dan kadang ada yang dijual. Selain itu, orang-orang juga memanfaatkan pantai tersebut untuk berdagang disana. “orang yang berjualan disini orang penanjan semua, orang yang dari luar penanjan tidak diperbolehkan jualan disini” ucap teman saya yang bernama Laila. Beberapa pedangan ada yang menjual seperti Bakso, Soto, Es Dawet, Es Campur, ada juga yang menjual buah buahan seperti Durian, Rambutan, dan masih banyak lagi.

Pantai lorena memiliki pasir yang putih, karena rata-rata di kawasan pantura memang pasirnya putih, sehingga sangat cocok sekali untuk bisa menikmati pemandangan. Banyak juga bebatuan karang yang ada di pinggir pantai sehingga terkesan lebih eksotis untuk berfoto. Sayangnya jika air laut pasang tidak bisa turun ke bawah untuk bisa melihat lebih jelas senja di sore hari atau mencari kerang. Beberapa pohon seperti Pohon bakau, kaktus juga menghiasi pinggir pantai Lorena yang bisa dibilang tidak terlalu banyak. Namun ada beberapa larangan yang harus dipatuhi saat berkunjung ke Pantai Lorena yaitu salah satunya membuang sampah sembangan.

Terima kasih sudah mampir di artikel ini, sampai jumpa kembali…