Assalamu’alaikum

Kembali lagi disini bersama saya Vannya. jadi di pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang Logic Select Where pada database.

Pada pembahasan sebelumnya menggenaik SQL SELECT, yaitu sebuah fungsi untuk menampilkan data pada database. Jika SQL SELECT menampilkan semua data yang ada pada database, kali ini kita menambahkan pengkodisian WHERE untuk memfilter data yang akan ditampilkan dari database. Contohnya kita ingin mencari nama atau nrp mahasiswa. Saat kita mengisi nrp pada form, maka hanya nrp tersebut yang tampil pada tabel.

Untuk syntax nya yaitu : “SELECT nama_kolom FROM nama_tabel WHERE kondisi;”. Jika ingin memilih semua kolom pada table database, maka gunakan syntax “*” tanda bintang untuk mewakili semua kolom.

Sebagai permulaan ketik coding dibawah ini,

dari kode diatas pada baris ke 18 itu mengisyaratkan untuk mencari dengan sebagian data yang sama. untuk percobaan ini saya mencoba dengan mencari 021. maka hasilnya adalah seperti berikut ini,

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
hasil pencarian sebagian

karena data untuk ‘021’ hanya ada 1 maka yang keluar hanya 1. semisal dalam database kita ada banyak data dengan kata ‘021’ maka data yang terkait akan keluar dalam hasil pencarian search.

sekian dari saya, semoga bermanfaat

see u when i see ya 🙂

wassalamu’alaikum