• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
sumber: 123rf.com

Pada setiap manusia, pasti terdapat sebuah talenta dan keunikan yang berbeda-beda, namun, tidak semua manusia dapat menemukan potensi tersebut pada dirinya. Padahal Faktor X merupakan hal yang sangat penting untuk ditemukan, cara menemukan dan menggali Faktor X yang dimiliki sangat bermacam-macam. Bekal yang harus kita siapkan adalah rasa ingin tahu yang besar, keinginan untuk berkembang dan selalu berusaha untuk mencari yang lebih. Untuk menemukan Faktor X dalam diri kita, kita bisa mencoba berbagai macam cara salah satunya adalah dengan banyak belajar dan menambah pengalaman, hal ini sangat membantu kita mengasah beberapa keterampilan yang telah kita miliki dan menemukan hal-hal yang kita sukai. Apabila sudah melakukan banyak hal dan masih juga belum menemukan Faktor X pada diri anda, anda juga dapat menemukan Faktor X pada diri anda dengan bertanya kepada orang lain yang cukup dekat atau sudah bekerjasama dengan anda, dengan bertanya kepada orang lain, dapat membantu anda untuk menemukan atau paling tidak memberikan sebuah petunjuk mengenai apa sebenarnya potensi yang kita miliki.

Jika anda masih belum menemukannya maka, tidak ada salahnya mencoba hal yang tidak anda sukai dan keluar dari zona nyaman anda. Sebagai contoh misalnya, dulu saya merupakan orang yang sangat tertutup dan jarang berbicara dengan orang lain, saya merasa tidak nyaman saat dituntut untuk berbicara dengan orang lain terutama terhadap orang yang saya tidak saya kenal sama sekali, dari beberapa kritik yang saya dapatkan, saya berusaha untuk “mengikuti standar” yang diharapkan orang-orang dari diri saya, menjadi pribadi yang lebih terbuka dan komunikatif, dari sanalah saya mulai mencoba memberanikan diri saya untuk berbicara dengan orang lain, dari situlah keberanian saya untuk berbicara di depan public juga meningkat, dan akhirnya beberapa teman melihat potensi yang saya miliki, dan meminta saya untuk mengisi beberapa materi di sebuah seminar, pelatihan maupun menjadi master of ceremonies , dari situ potensi Public Speaking yang saya miliki semakin meningkat dan berkembang. Tidak disangka Faktor X yang saya temukan dengan tidak sengaja ini menuntun saya menemukan beberapa Faktor X lain yang saya miliki.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
sumber : ethical-leadership.co.uk

Lalu, setelah menemukan faktor X kita, apa yang dapat kita lakukan? Tentu saja banyak hal, salah satunya adalah berkolaborasi, dengan kolaborasi juga dapat membantu orang lain dalam menemukan atau mengetahui faktor X yang dimilikinya. Misalkan saja dengan teman-teman yang dekat dengan anda, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa semua manusia memiliki potensi dan keunikannya masing-masing, begitupula dengan orang-orang yang ada disekitar anda. Sebagai contoh seorang teman saya, sebut saja namanya A memiliki keahlian di bidang Teknik, seperti pemrograman dan sebagainya. Kemudian, teman saya yang lain sebut saja B, memiliki bakat mengerjakan desain grafis. Dengan saya yang memiliki kemampuan komunikasi, tentunya kami bertiga dapat berkolaborasi, seperti membuat suatu pelatihan pemorgraman dasar untuk orang awam. Dengan kemampuan si A dalam bidang programing tentu saja akan sangat membantu dalam penyusunan materi dan pengajaran. Kemampuan saya dalam berkomunikasi juga dapat membantu dalam segi marketing dan kerja sama dengan vendor lain seperti penyedia meeting room dan lain sebagainya. Lalu dikombinasikan dengan kemampuan desain grafis dari si B akan sangat membantu dalam marketing via dengan media visual. Masih banyak lagi kolaborasi-kolaborasi yang dapat kita bangun dengan mengetahui faktor X kita dan orang lain, selanjutnya kita hanya perlu berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Mencari Faktor X dalam diri tentunya tidak mudah, setiap orang pasti memerlukan waktu yang berbeda-beda dalam menemukannya, dan ini merupakan bagian dari proses kehidupan yang harus kita jalani, tidak apa-apa jika belum mengetahui faktor X anda sekarang, karena masih banyak pintu yang belum anda buka yang terpenting adalah selalu berusaha dan melakukan yang terbaik dalam hidup. Jangan terlalu sibuk memikirkan apa faktor X anda dan membanding bandingkan diri dengan orang lain yang sudah menemukannya sehingga anda melupakan hal-hal penting yang harus anda kerjakan dan hidup yang anda jalani dimasa sekarang, karena faktor X anda bisa jadi ditemukan disaat yang tidak terduga, dan darimanapun yang tidak pernah anda kira. Dan kapanpun anda menemukan faktor X anda, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

“it’s never too late to be who you might have been” -George Eliot