• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh~

Selamat pagi pembaca sekalian dimanapun anda berada. Senang rasanya bisa mengupdate artikel untuk pertama kalinya disini. Diawal postingan saya ini, saya ingin berbagi tutorial ringan tapi bermanfaat (InsyaAllah, hehe) seputar artikel / postingan di blog atau redaksi ini. Sebenanya tutorial ini sangat sepele, namun banyak orang yang belum mengetahuinya, utamanya di redaksi Pens tercinta ini. Ya, artikel kali ini saya ingin membahas tentang cara membuat paragraf di artikel. Maksud paragraf disini adalah kalimat pada baris pertama yang posisinya sedikit menjorok ke dalam dibandingkan dengan baris-baris berikutnya. Contoh :

Ini adalah paragraf dengan kalimat baris pertama yang tidak menjorok kedalam. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla ut est maximus, fermentum neque et, condimentum quam. Nunc sodales ex felis, a imperdiet arcu consequat ac. Nulla sollicitudin sapien in leo bibendum, et finibus nulla viverra. Integer sed libero eget mi fermentum venenatis.

Ini adalah paragraf dengan kalimat baris pertama yang menjorok kedalam. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla ut est maximus, fermentum neque et, condimentum quam. Nunc sodales ex felis, a imperdiet arcu consequat ac. Nulla sollicitudin sapien in leo bibendum, et finibus nulla viverra. Integer sed libero eget mi fermentum venenatis.

Sudah tau kan contohnya? Sekarang ayo kita bahas bagaimana membuat paragraf di postingan kita bisa seperti demikian. Beberapa dari kita mungkin menggunakan cara manual dengan menambahkan “spasi / space” di awal paragraf sehingga kalimat menjorok ke dalam. Namun jika kita menggunakan cara itu,  jarak tiap baris kalimat pertama akan berbeda tiap paragrafnya meskipun jumlah spasi yang kita tambahkan sama. Karena, Text Align Justify akan selalu berusaha membuat tiap kalimat rata kanan dan kiri dengan cara menambahkan atau mengurangi jarak tiap karakter dalam baris kalimat di paragraf tersebut termasuk spasi.
Jadi, untuk mengatasinya kita bisa menambahkan kode CSS pada komponen baris yang kita inginkan agar dapat sedikit menjorok ke dalam. Kode CSS ini sangat sederhana dan mudah diingat. Namun, kelemahannya adalah kita harus menambahkan kode ini secara manual pada baris paragraf yang diinginkan. Atau juga bisa dengan “copy – paste” pada kode dibawah ini. Seperti apa kode tersebut?

 

style="text-align: justify; text-indent: .5in;"

Penjelasan :

  • style : untuk mengatur tampilan sebuah elemen yang belum memiliki class spesifik ataupun ingin lebih membuat elemen tersebut lebih spesifik dari class umumnya.
  • text-align : untuk mengatur posisi text. Diisi dengan left (rata kiri), right (rata kanan), center (rata tengah), atau justify (rata kanan dan kiri).
  • text-indent : untuk mengatur jarak baris pertama pada sebuah paragraf. Diisi dengan nilai yang diinginkan dan disesuaikan dengan CSS Unit.
Nah, kode utama yang bisa kita ubah ukurannya terletak pada “text-indent : nilai” dimana nilai ini bisa kita atur sendiri untuk jarak yang diinginkan. Kemudian, bagaimana cara menambahkan kode tersebut? Caranya sangat mudah, Kita hanya perlu mengetik paragraf yang diinginkan seperti biasa, kemudian ganti tampilan dari Visual ke Text pada pojok kanan dimana kita menulis paragraf. Pada baris yang diinginkan, tambahkan kode diatas. Mudah bukan? Oh iya, jangan lupa untuk mengubah text align menjadi Justify

.

Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan tanyakan apapun yang belum dipahami di kolom komentar. Saya cukupkan artikel ini, semoga tips sederhana dan simpel ini dapat bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Mohon maaf atas apapun dari kata saya yang salah dan kurang ini 🙂 . Akhir kata,

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh~