Hasil gambar untuk revolusi industri
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Setiap adanya suatu perkembangan maupun kemajuan dalam segala bidang, pasti akan selalu ada dampak dibalik perkembangan dan kemajuan tersebut. Begitu pula tidak menutup kemungkinan untuk perkembangan dan kemajuan dari bidang teknologi pada umat manusia. Setiap penggunaan dan penerapan dari teknologi-teknologi yang ada terhadap manusia juga memiliki dampak yang cukup besar. Baik dampak dari segi positif terhadap keberlangsungan hidup manusia maupun dari segi negatif terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Sebelumnya kita telah membahas beberapa sisi gelap dari dampak penggunaan teknologi. Sisi gelap tersebut hadir karena sangat banyak sekali orang awam yang mengetahui tentang dampak dari kemajuan teknologi ini. Oleh karena itu kali ini mari kita membahas dampak dari kemajuan teknologi pada sektor perekonomian. Penggunaan teknologi bagaimana yang dapat memiliki dampak yang begitu terasa pada sektor perekonomian. Karena pada sektor perekonomian sendiri merupakan hal yang sangat krusial bagi suatu negara. Sektor Ekonomi jugalah yang menjadi parameter dari suatu negara di mata dunia.

Terdapat suatu istilah bahwa ekonomi merupakan sebuah roda penggerak pada suatu negara. Apabila suatu negara memiliki perekonomian yang kuat maka dapat dikatakan negara tersebut menjadi negara yang kuat juga. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Semakin lemah perekonomian suatu negara maka dapat dikatakan juga negara tersebut juga lemah. Perekonomian dan juga negara dapat disimpulkan berbanding lurus antara keduanya.

Jadi, tergantung bagaimana kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah selaku pihak penyelenggara pemerintahan. Hal ini dilakukan untuk menentukan sistem ekonomi seperti apa yang sesuai dengan kondisi suatu negara. Karena sangat penting dan krusialnya perekonomian pada suatu negara maka pemerintah harus berhati – hati dalam menarik suatu keputusan. Pemerintah juga tidak boleh bertindak menutup telinga dan mengabaikan aspirasi – aspirasi yang dikeluarkan oleh rakyatnya.

Hasil gambar untuk revolusi industri
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dampak penggunaan kemajuan teknologi pada sektor perekomian dapat dikatakan menjadi hal yang harus sangat diperhatikan. Karena hal ini menyangkut dengan kondisi suatu negara dan juga kondisi dari rakyat dari negara tersebut. Berbagai dampak positif telah terjadi dan dicapai banyak negara dengan memanfaatkan kemajuan suatu teknologi. Perkembangan ekonomi yang sangat pesat dan meningkat karena memakai teknologi yang sesuai. Melihat kesuksesan penggunaan teknologi pada suatu negara membuat negara lain ingin mengadopsi cara negara tersebut dalam menerapkan teknologi tersebut di negaranya.

Dampak positif yang pertama dan sangat terasa pada perekonomian suatu negara adalah pada sektor produksi. Produktivitas pada dunia industri semakin meningkat seiring dengan tepat dan banyaknya  penerapan teknologi pada sektor ini. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemamppuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Mulai dari kuantitas produk yang dapat dihasilkan oleh suatu industri. Hingga dari kualitas produk yang dihasilkan oleh suatu industri.

Dampak yang kedua yang juga tidak kalah penting untuk kemajuan suatu negara adalah pada sektor sosial. Pada sektor ini sangatlah terasa kemajuan dari teknologi tersebut. Karena banyak orang yang merasakan langsung dampak dari sektor ini karena mereka adalah sebagai pelaku sosial. Mulai dari kemajuan teknologi komunikasi yang cepat. Hal ini dapat mempermudah pertukaran suatu informasi antar manusia ataupun lembaga. Sekarang hal ini hampir dapat dilakukan oleh semua orang meskipun mereka bertukar informasi dengan orang yang terpaut jarak yang jauh.

Hasil gambar untuk revolusi industri dampak positif
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dari dampak positif penggunaan kemajuan teknologi pada sektor ekonomi, sekarang kita akan membahas dampak negatif penggunaan teknologi pada bidang atau sektor perekonomian. Terdapat banyak sekali opini – opini yang beredar dari dampak pemanfaatan kemajuan teknologi pada sektor perekonomian. Entah hal ini dilakukan sebagai kritik terhadap pemerintah atau memang opini – opini ini adalah hal yang nyata terjadi namun banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Oleh karena itu kita akan hanya menyebutkan beberapa poin dari dampak negatif penerapan teknologi pada sektor perekonomian.

Pertama adalah terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha atau industri. Hal ini terjadi karena para tenaga tersebut perannya  digantikan oleh teknologi yang terbaru. Karena menurut pelaku usaha hal ini harus dilakukan untuk mengurangi berbagai biaya yang harus dikeluarkan kepada tenaga kerja manusia. Dan juga hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko Рrisiko yang akan datang nanti.

Gambar terkait
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pada bagian kedua adalah pada sektor sosial yang juga dapat dimasukkan sebagai faktor penunjang pada sektor perekonomian. Dampak negatif yang diakibatkan dari penerapan teknologi pada sosial adalah semakin banyaknya informasi yang saling bertukar hingga sangat sulit untuk melakukan penyaringan terhadap informasi tersebut. Karena kurangnya penyaringan yang dilakukan, maka banyak sekali informasi – informasi yang beredar hingga kita sangat sulit untuk mengetahui mana informasi yang benar dan mana informasi yang salah.