Kerja Praktik atau magang merupakan salah 1 tugas dari kampus. Selain untuk lebih mendalami materi-materi yang kalian dapatkan di kampus, ini juga agar kalian dapat memahami situasi kerja yang sesungguhnya.

Kerja Praktik memang tidak lama. Kebanyakan perusahaan hanya memberi waktu 3 bulan, bahkan ada yang hanya 1 bulan. Sangat sebentar memang, bahkan mungkin kalian akan merasa pengalaman dan pemahaman yang didapatkan hanya sedikit.

Disini saya akan berbagi sedikit tips agar kalian dapat memaksimalkan waktu magang yang hanya sebentar :

  • Berkenalan dengan para staff dan divisi yang dipegangnya

Hari pertama masuk pasti akan sedikit canggung, karena disinilah kalian bisa merasakan dan melihat secara langsung situasi dalam dunia kerja. Bahkan ada juga yang mungkin bingung harus melakukan apa. Jadi kalian bisa mengawalinya dengan berkenalan dan sedikit mengobrol dengan masing-masing staff dikantor. Tidak harus langsung berkenalan dengan semuanya, karena jika kalian sudah mulai berkenalan dengan beberapa staff, maka tentunya ia juga akan mengenalkan kalian dengan staff lain disana. Atau bahkan bisa juga staff lain yang menghampiri disaat kalian sedang asyik mengobrol. Dan dikesempatan inilah kalian bisa mulai bertanya terkait divisi yang dipegang oleh masing-masing staff. Kalian bisa bertanya terkait materi atau hal-hal lain sebelum kalian terjun langsung untuk mengerjakannya.

  • Jangan malu untuk bertanya

Untuk anak extrovert tidaklah susah untuk memulai pembahasan dan bertanya ini-itu. Tapi untuk anak introvert, ini merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Anak introvert mungkin selalu berpikir “aku takut mengganggu”, “aku takut mereka tidak nyaman”, “aku takut salah bicara”, dan masih banyak hal-hal yang dipikirkan sebelum memulai pembicaraan. Tapi disinilah tantangan yang harus kalian hadapi, yaitu menghilangkan pikiran-pikiran seperti itu dan mulai beranilah untuk bertanya. Disinilah kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih. Jadi jika kalian bingung, bertanyalah kepada staff disana. Kalian juga bisa untuk meminta sedikit penjelasan jika kalian ingin lebih faham.

  • Jangan ragu untuk bilang “saya ingin mencoba”

Banyak banget pasti anak magang yang sungkan atau nggak enak hati mau mencoba mengerjakan yang lain. Entah karena merasa malu, takut disangka terlalu berani, atau tidak enak karena merasa tidak disuruh. Tapi jika tidak mencobanya langsung, kalian juga akan stuck hanya bisa di kerjaan itu-itu saja. Hal inilah yang akan membuat magang tidak maksimal. Jadi beranilah untuk meminta izin ingin mencoba yang lain. Meminta izin ya, jangan asal langsung ngerjain hehe. Kalian bisa mengawalinya dengan melihat terlebih dahulu, lalu bertanya terkait kerjaan tersebut dan mulailah meminta izin. Jika diizinkan, silakan kalian kerjakan. Tapi jika tidak diizinkan, jangan memaksa ya.

  • Mintalah pendapat dan revisi hasil pekerjaan kalian

Hal ini sering dianggap remeh, padahal sebetulnya ini penting juga loh. Untuk apa meminta pendapat dan revisi? Tentu saja agar kalian tau sudah sampai mana kalian memahami kerjaan tersebut. Dari revisi itu tadi kalian juga akan paham kekurangan kalian sehingga kalian bisa memperbaikinya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan pasti kalian akan merasa senang dan lebih bersemangat jika kalian sudah dianggap baik melakukan pekerjaan tersebut.

  • Jaga attitude

Kok bisa attitude juga menjadi bagian pemaksimalan magang? Ya pasti bisa. Kalau kalian menunjukkan attitude yang baik di tempat magang, para staff pasti akan lebih senang untuk menjelaskan materi dan teknik-teknik pekerjaan. Sebaliknya, jika attitude kalian kurang bagus, staff akan malas untuk menjelaskan kepada kalian, bahkan untuk mengobrol saja mungkin enggan. Yang ada kalian hanya akan terus-terusan mendapatkan teguran karena bad attitude kalian. So guys? Mind your attitude wherever u’re.

Tips diatas semoga membantu supaya ilmu yang kalian dapatkan bisa maksimal meskipun waktu magang yang terbatas. Yang terpenting dari itu semua, jangan lupa berdoa sebelum memulai apapun dan minta restu sama orang tua (supaya lebih berkah).