Bagi mahasiswa akhir pasti akan menjalani Kerja Praktik. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk para mahasiswa agar lebih faham terhadap bidangnya dan juga untuk mengajarkan para mahasiswa agar lebih siap untuk menghadapi dunia kerja di saat sudah lulus nanti.

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya saat magang di salah satu stasiun televisi Indonesia milik Trans Media yang bekerjasama dengan Turner Internasional, yaitu CNN Indonesia (Cable News Network Indonesia). CNN Indonesia menyiarkan sebuah konten baik dari lokal maupun luar negeri seperti berita umum, bisnis, politik, olahraga, dan juga hiburan. Sekarang, CNN Indonesia melakukan siaran selama 24 jam yang dapat disaksikan melalui TV Kabel, Streaming, dan juga TV Analog yaitu melalui Trans TV dan Trans7.

Kantor pusat CNN Indonesia bertempat di Jakarta, namun juga terdapat kantor biro satu-satunya yang bertempat di Surabaya, tepatnya di Jl. Yos Sudarso No. 17, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Disini terdapat 2 tim yakni tim liputan dan tim produksi:

  • Liputan

Untuk 2 minggu pertama saya ikut bergabung dengan tim liputan yang bertugas untuk mencari berita bersama repoter, PJ (Photo Journalist), dan juga FP (Field Producer). Reporter atau koresponden bertugas untuk wawancara dan menyusun naskah, PJ bertugas untuk mengambil gambar selama liputan, sedangkan FP atau produser lapangan bertugas untuk mengkoordinasikan tim liputan dengan kantor pusat saat live sedang berlangsung. Untuk melakukan liputan terdapat beberapa peralatan yang dibawa seperti kamera, tripod, dan juga avenir (stream box). Avenir ini berfungsi untuk mencari sinyal agar live dapat terhubung langsung dengan kantor pusat.

Tugas saya saat bergabung dengan tim liputan adalah membantu menyiapkan tripod dan juga memasang bagian pencari sinyal pada avenir. Selain itu saya juga bisa melihat proses mencari berita seperti wawancara dengan narasumber, cara mengambil gambar yang baik, hingga cara berbicara yang baik didepan kamera untuk menyampaikan berita.

Berikut beberapa dokumentasi selama bergabung dengan tim liputan :

 

  • Produksi

2 minggu terakhir saya mulai bergabung dengan tim produksi :

Di minggu ke 3 saya masuk pukul 02.00 – 07.00. Apa saja tugas saya disini? Di hari pertama saya masih dijelaskan terkait tugas dan divisi-divisi tim produksi, juga melihat proses untuk live Reportase Jawa Timur pukul 05.00 dan Redaksi Jawa Timur pukul 06.30. Mulai hari ke-2 bergabung, saya diberi tugas untuk mencantumkan sub pada CG (Charachter Generator) yang akan digunakan untuk live. Tidak hanya asal mencantumkan sub yang telah dibuat, namun juga harus memeriksa kata-kata yang akan dicantumkan apakah sudah pas atau belum, memeriksa EYD, dan mengatur font serta ukuran agar pas saat tampil di layar televisi. Selain itu saya juga bertugas untuk mengoperasikan CG saat live sedang berlangsung. Setelah live selesai, saya akan membuat metadata. Apa sih metadata itu? Metadata merupakan laporan yang akan diserahkan pada pusat yang berisi data-data terkait siaran live di hari itu. Data tersebut antara lain berisi hari dan tanggal siaran, nama presenter, judul-judul berita yang disiarkan beserta nama koresponden atau kontributornya, dan juga disisipkan video full dari siaran live di hari tersebut.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

                   Membuat CG

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

                        Membuat Metadata

Di minggu ke 4 saya masuk pukul 21.00 – 01.00. Tugas di jadwal ini berbeda lagi ya. Begitu sampai dikantor, saya mengambil lembaran yang berisi judul-judul berita yang akan disiarkan untuk live besok. Setelah itu saya akan menarik gambar mentah (video) yang dikirim oleh tim liputan melalui E-Mail atau FTP sesuai dengan judul yang terdapat pada lembaran tersebut. Setelah semua gambar mentah selesai ditarik, gambar dipindah dan diserahkan ke editor untuk diedit. Setelah itu saya akan menghampiri produser untuk membantu membuat sub dan menyerahkan naskah yang telah diedit oleh produser kepada dubber. Disela-sela kerjaan tersebut, saya juga sering menghampiri dubber untuk bertanya-tanya tentang dubbing dan teknik-teknik agar bisa dubbing dengan baik, terutama teknik dubbing untuk soft news dan hard news. Saya juga sering menghampiri para editor untuk  melihat proses editing.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

                           Membuat Sub

Meskipun hanya 1 bulan, tapi ilmu yang saya dapat sangatlah banyak. Jadi buat kalian yang mau magang atau sedang magang, semangat terus ya… Apalagi kalau waktu magang kalian cuma sebentar, manfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Maksimalkan magang kalian meskipun terbatas waktu.