Hai teman-teman

         Mahasiswa tentunya akan menjalani Kerja Praktik sebagai salah satu syarat akademis untuk lulus. Kerja Praktik atau yang biasa disebut magang ini mungkin biasa dijalani kurang lebih antara 1 sampai 3 bulan, tergantung dari kebijakan kampus atau perusahaan yang menerima Kerja Praktik.

Nah, mungkin teman-teman masih bingung, bagaimana sih cara mendapatkan  tempat Kerja Praktik sesuai dengan yang diinginkan ? Apa saja langkah-langkah yang perlu dipersiapkan? Disini saya ingin sedikit share terkait cara mendapat tempat Kerja Praktik supaya kalian bisa mempresiapkannya dengan baik. Simak yuk!

  1. Datangi Perusahaan yang Diinginkan

Jika kampus sudah memberi pengumuman terkait jadwal pelaksaan KP, segera datangi perusahaan yang ingin kalian ajukan. Kalian dapat menghubungi melalui WA atau Email, namun akan lebih nyaman dan sopan jika datang langsung ke kantornya. Tanyakan terkait hal-hal untuk KP seperti kuota anak magang, waktu pelaksanaan, divisi dan apa saja yang akan dikerjakan saat magang nanti. Dan juga tanyakan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan KP di perusahaan tersebut, karena syarat penerimaan KP antara 1 perusahaan dengan perusahaan lain tidaklah sama.

  1. Persiapkan Portofolio Terbaik

Sebenarnya tidak semua perusahaan meminta portofolio. Namun bagi perusahaan yang memintanya, portofolio yang kalian lampirkan tentunya akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima kalian. Jadi pilihlah portofolio terbaik yang pernah kalian buat. Bahkan jika perlu, setiap kalian membuat sebuah karya, pisahkan di folder tersendiri agar kalian tidak kesusahan untuk memilih portofolio terbaik kalian.

  1. Pastikan Portofolio Sesuai dengan Perusahaan

Jangan lupakan hal ini ya. Pastikan portofolio yang kalian lampirkan sesuai dengan perusahaan yang akan kalian tempati. Misal ; perusahaan yang kalian ajukan KP di bidang pertelevisian, kalian bisa lampirkan portofolio seperti naskah, videografi, fotografi, atau apapun yang sesuai dengan divisi di perusahaan tersebut.

  1. Persiapkan Proposal

Persiapkan dan lengkapi proposal untuk pengajuan Kerja Praktik. Karena pembuatan proposal tidak hanya sehari atau 2 hari langsung jadi ya, bisa sampai 1 minggu loh hehehe.

  1. Segera Serahkan Proposal ke Perusahaan

Jika proposal sudah lengkap, segera serahkan ke perusahaan. Perusahaan biasanya ada kuota tertentu untuk anak magang, jika kuotanya sudah terpenuhi maka kalian tidak akan bisa lagi untuk mengajukan Kerja Praktik di perusahaan tersebut. Dan harus kalian ingat, pesaing kalian tidak hanya mahasiswa dari 1 universitas, tapi juga dari universitas lain yang bahkan ada dari luar kota juga.

  1. Jangan Ragu Untuk Bertanya jika Perusahaan Belum Memberi Keputusan

Tidak menutup kemungkinan kalian akan menunggu cukup lama untuk mendapat panggilan terkait kepastian diterima atau tidaknya Kerja Praktik di perusahaan tersebut. Jika waktu pelaksanaan KP yang ditentukan kampus masih lama, kalian mungkin masih bisa santai. Tapi jika waktunya sudah mendekati ? Kalian pasti akan bingung kan. Jadi jangan ragu untuk bertanya pada CP perusahaan (bisa melalui WA atau E-Mail), atau bisa juga kalian datang langsung ke kantornya.

Oh iya, ada sedikit tambahan. Jika kalian ragu akan diterima atau belum juga mendapat panggilan setelah 3 minggu mengirim proposal, kalian bisa mulai mencari-cari dan bertanya terkait Kerja Praktik di perusahaan lain. Ini bisa kalian gunakan untuk cadangan, sehingga jika kalian tidak diterima di perusahaan pertama, kalian tidak tergesa-gesa untuk mencari perusahaan lain.