Nama   : Shinta Narianti

NRP    : 1110191013

Kelas   : 1 D4 Elektronika A

PRAKTIKUM 1

FUNGSI DAN TIPE VARIABEL DASAR

TUJUAN

Mempelajari dan mengamati penggunaan fungsi-fungsi dasar turbo C seperti main (), printf (), getch(), getche() yang dipadukan dengan tipe variabel dasar seperti int (bilangan tebal) dan  float (bilangan pecahan).

TEORI

Struktur suatu bahasa C terdiri dari bagian #include, deklarasi konstanta, deklarasi variabel, deklarasi fungsi-fungsi dan fungsi main ().  Bahasa C hanya dapat terdiri dari termasuk dan fungsi utama () saja, dimana bahasa C merupakan bahasa yang sensitive case, yaitu penulisannya menggunakan huruf kecil dan membedakan antara huruf besar dan kecil.  Void berarti fungsi tersebut tidak memiliki nilai balik, karena setiap fungsi dalam C jika tidak diberikan void didepannya maka dianggap bertipe integer. Untuk fungsi-fungsi yang standar seperti printf () & scanf () menggunakan stdio.h sedangkan fungsi clrscr() dan getch () menggunakan conio.h.

PROGRAM PERCOBAAN

  • Membuat program utama dengan fungsi main(). Mencetak string dengan karakter khusus “\n” untuk garis baru.

  • Menggunakan variable integer(bulat) sebagai hasil penambahan dan pengurangan.
    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest
  • Mengisi suatu variable menggunakan assignment operator ‘=’ (sama dengan).

  • Penggunaan fungsi gatche () untuk mengambil karakter tombol yang ditekan, karakter yang di simpan pada suatu variable dan dapat digunakan untuk keperluan pemrogaraman.

  • Menghitung perkalian dan pembagian menggunakan variable float (pecahan), dan mencetak hasilnya menggunakan karakter format khusus ‘%f’ degan menambahkan fungsi clrscr().

  • Penggunaan konstata yang untuk perhitugan suatu formula luas lingkaran dan keliling lingkaran

TUGAS

  1. Membuat program untuk membuat tampilan sebagai berikut dengan menggunakan karakter khusus ‘\t’ untuk pengaturan tabulasi.

PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN BAHASA C

PROGRAM DIPLOMA IV

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

Program :

Hasil :

  1. Membuat program untuk menentukan harga yang harus dibayar oleh seorang pembeli bila setiap pembelian barang mendapatkan diskon dengan tabel sebagai berikut.
No. Nama Barang Harga Diskon
1. CPU 850MHz 700.000,- 5%
2. RAM 128 MHz 380.000,- 10%
3. Motherboard PIII 800.000,- 8%

Program :

Hasil :

  1. Uraian mengenai solusi yang tepat agar didapat program yang benar.

Program :

Hasil dari program di atas adalah eror. Karena hasil dari pembagian diatas di atas juga bernilai salah. Program di atas jika menggunakan karakter  %d  meerupakan hasil akan dibulatkan (integer).   Solusi yang tepat untuk membenarkan program diatas adalah dengan mengubah int menjadi float agar menghasilkan nilai desimal/pecahan.

Program yang benar :

  1. Yang terjadi jika fungsi getche () pada percobaan e diganti dengan fungsi getch(). Mengganti karakter khusus ‘%c’ dengan ‘%d’ lalu ganti dengan ‘%f’

Program dan hasil :

Fungsi getch() digunakan untuk pause atau berhenti. Sedangkan fungsi getche() digunakan untuk mengambil karakter tombol yang di tekan. Jika %c diganti dengan %d maka hasil programnya adalah bilangan bulat. Sedangkan di ganti ke %f maka hasil program adalah bilangan desimal.

  1. Membuat program untuk mencetak hasil formula konversi suhu dari Celcius ke Farenheit. Dimana Celcius =100 derajat.

Program :

KESIMPULAN

Data adalah suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau varaible. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variable menyatakan nilai yang dapat di ubah-ubah selama eksekusi berlangsung. Karakter khusus ‘\n’ digunakan untuk baris baru, int menggunakan ‘%d’ agar mengahasilkan nilai bulat, ‘%c’ digunakan untuk mencetak karakter,  dan float digunakan untuk bilangan pecahan.