Pada kesempatan kali ini, saya dan teman – teman berkesempatan untuk mempelajari struktur penulisan naskah dengan format berita package (PKG) di tempat kerja praktik kami. Struktur penulisan naskah berita sangat penting untuk dipahami dan dipelajari agar lebih mudah dalam membuat naskah berita khususnya di TV. Sebelum saya menjelaskan lebih dalam, terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang dimaksud format berita package (PKG). Format berita package (PKG) ialah paket berita yang terdiri dari gambar, suara, narasi, dan grafis dikemas menjadi satu kesatuan utuh. Presenter hanya membacakan pada bagian Lead In. Sedangkan, untuk isi berita (gambar, suara, narasi, grafis) ditayangkan setelah presenter membacakan Lead In. Durasi berita yang ditayangkan pada umumnya kurang lebih 2 menit.

Ada 5 struktur penulisan naskah berita yang saya pahami. Berikut penjelasannya :

  1. Lead In

Lead In merupakan paragraf pertama yang menjadi gambaran umum tentang keseluruhan isi berita. Biasanya terdiri dari 2 kalimat atau lebih. Dalam membuat Lead In, haruslah menarik agar menarik minat penonton untuk mengikuti berita tersebut.

Contoh : Rumah yang juga dijadikan sebagai toko kelontong milik warga di kabupaten Purworejo/ hangus dilalap si jago merah// tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut/ namun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah//

  1. Set the scene

Set the scene merupakan gambaran awal atau kondisi awal pada gambar berita yang akan ditayangkan. Setelah mengetahui kondisi awal yang terjadi, barulah penulis naskah menjabarkan sesuai apa yang dilihatnya.

  1. Detail

Detail merupakan penjabaran secara rinci dari pokok – pokok berita yang akan ditayangkan. Seperti penjelasan kapan dan dimana terjadinya peristiwa tersebut, siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut, kronologi kejadian, dan lain – lain.

  1. Background

Background merupakan latar belakang peristiwa itu bisa terjadi. Biasanya diawali dengan kata penyebab atau bisa juga masih dugaan.

  1. Minnor Detail

Minnor Detail adalah salah satu fakta atau kenyataan yang terjadi dalam peristiwa yang sayang untuk tidak ditayangkan.

Contoh :

– Polisi masih menyelidiki penyebab pastinya kejadian ini.

-Tersangka terjerat hukuman selama 5 tahun penjara.