• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Seiring dengan kemajuan globalisasi, perkembangan teknologi digital telah banyak mempengaruhi kemajuan di segala bidang kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Banyak media yang digunakan dalam penyampaian materinya. Namun tidak banyak dalam penyampaian materinya yang belum memanfaatkan teknologi digital, salah satunya adalah pendidikan sejarah. Pendidikan sejarah merupakan salah satu materi yang jarang diminati karena dinilai sulit dalam penyampaian maupun pemahamannya sehingga terkesan membosankan.

Terutama dalam materi sejarah peradaban islam yang mengenai peradaban di Cordova yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas. Peradaban Cordova merupakan tempat yang menjadi perhatian dunia dan sesuatu yang mengagumkan bagi mereka, seperti kota Venesia di Balkan. Para turis yang datang dari utara merasakan kekhusyukan dan kewibawaan kota yang memiliki 70 perpustakaan dan 900 permandian umum itu. Sebagai perpanjangan dari peradaban islam, baik segi ilmu, nilai dan keagungan, muncullah bintang kota Cordova yang menjadi saksi hidup atas pencapaian peradaban kaum muslimin dan kemuliaan Islam pada saat itu. Namun tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui mengenai tempat bersejarah ini.

Oleh karena itu, untuk mengenalkan masyarakat mengenai Peradaban Cordova, dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik maka akan dibuatkan media video yang bisa mengilustrasikan sejarah Peradaban Cordova. Dimana kebanyakan video masih menggunakan teknik animasi 2D yang hanya menggunakan sumbu x dan y sehingga mengakibatkan gambar yang dihasilkan tidak memiliki ruang. Namun dengan teknik motion design memberikan kesan canggih, dapat menyakinkan audience, dan dapat mengedukasi audience. Selain itu, visualisasi yang dihasilkan memperlihatkan foto tampak hidup dan nyata. Maka dari itu, penulis mencoba teknik yang berbeda dari kebanyakan yang sudah dipakai. Dengan adanya pembuatan video sejarah sumbangsih peradaban islam untuk dunia dengan  pemanfaatan media yang baik serta memadai, diharapkan dapat memberikan antusias dalam mempelajari sejarah peradaban islam.