WordPress merupakan aplikasi open source yang saat ini dapat dikatakan cukup populer sebagai blog engine. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang keduanya adalah perangkan lunak yang juga open source. Selain biasa digunakan sebagai blog, WordPress juga ulai dimanfaatkan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Worpress yang dulunya hanya platform blog sederhana pun kini telah sangat berkembang sehiingga banyak orang yang tidak hanya membangun situs pribadi tetapi juga situs perusahaan maupun toko online.

WordPress terkenal memiliki banyak sekali keunggulan dan fitur-fitur yang menarik antara lain penggunaannya yang gratis karena hanya perlu mengunduh dari situsnya, berbasis open source sehingga pengguna dapat melihat barisan kode penyusuk perangkat lunak yang digunakan secara bebas, desain atau tampilan yang dapat dengan sangat mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, pengoperasiannya yang mudah dan masih banyak lagi. Selain beberapa fitur dan keunggulan WordPress diatas, terdapat beberapa fitur yang tidak banyak orang ketahui tentang plarform ini.

Berikut adalah 7 fitur bawaan WordPress yang jarang diketahui penggunanya bahkan sering dilupakan.

 

  • Scheduled Publish

 

Ketika anda memliki jadwal untuk menyelesaikan sebuah proyek tulisan atau artikel dalam rentang waktu satu minggu atau satu hari, setelah itu anda mulai sibuk dengan aktivitas lain, bagi anda yang cinta dengan dunia blogging ini akan menjadi masalah yang besar karena keberhasilan blog anda bergantung pada teraturnya anda memposting artikel dan untuk membuktikan bahwa situs Anda memang aktif, sebagai sumber informasi terupdate, dan memastikan loyalitas pengunjung terhadap blog anda.

Fitur penjadwalan atau schedule ini sangat penting karena pengguna dapat mengatur postingan yang akan dipost secara otomatis pada waktu yang ditentukan. Jika kita memiliki 5 artikel untuk 5 hari kedepan secara berturut-turut kita dapat mengaturnya dengan mudah.

Untuk melakukan scheduling pada postingan Anda, cukup klik link Edit di sebelah tombol Published, yang terletak di bagian Publish di sebelah kanan posting draft. Atur waktu dan tanggal kapan Anda ingin artikel tersebut terpublish dan klik OK . Tombol Publish sekarang akan berubah menjadi schedule.

 

  • Fitured Image

 

Fitur WordPress ini memunculkan gambar sebagai thumbnail tetapi jarang sekali digunakan karena tema WordPress saat ini dapat mejadikan gambar pertama dalam postingan yang akan berperan sebagai thumbnail. Fitur ini juga digunakan agar gambar pada postingan tidak terlalu banyak.

Dengan featured image ini juga memungkinkan anda dengan sangat mudah membuat thumbnail untuk ditempatkan di berbagai situs media sosial seperti Facebook. Ini memberi Anda kontrol atas bagaimana gambar dari situs Anda ditampilkan di media sosial.

 

  • Screen Option

 

Banyak orang yang senang dengan fitur yang tersedia di editor WordPress tapi masih saja banyak yang belum mengetahui tentang menu screen option. Fitur ini terletak pada menu kanan atas dan dengan  screen option ini kita bisa menyedarhanakan atau menambahkan fitur yang memang kita butuhkan pada area tertentu pada admin WordPress.

Beberapa pilihan terdapat pada menu ini salah satunya adalah Quote yang memungkinkan Anda untuk membuat kutipan di posting Anda, Author untuk mengubah penulis posting jika situs Anda memiliki beberapa kontributor, dan Slug untuk mengedit URL posting Anda, termasuk kata kunci yang diinginkan dan membuatnya lebih SEO friendly. Anda juga dapat menggunakan fitur Discussion untuk memperbarui preferensi Anda untuk pingback, pelacakan dan komentar. Di sini Anda dapat hapus centang di kotak “Allow Comments” untuk menonaktifkan komentar untuk setiap posting tertentu.

 

  • Sticky Post

 

Jika anda mempunyai artikel yang lebih populer dari pada artikel lain, bahkan dapat membantu ada mendotong popularitas blog anda, fitur ini akan dapat berguna. Untuk menggunakannya, klik link Edit di sebelah opsi Visibility Publish dibagian posting Anda. Centang kotak yang bertuliskan “Stick this post in the frontpage”,  Dengan mengaktifkan pilihan ini maka artikel yang mendapatkan sticky akan sealu berada pada homepage dan pada posisi teratas. Pilihan ini kurang dimanfaatkan terutama karena banyak pengguna WordPress tidak tahu tentang keberadaannya .

 

  • More Tag

 

Anda mungkin sering melihat blog yang memiliki kutipan tambahan untuk setiap postingan di homepage, dengan Continue Reading atau Read more dibawah masing-masing postingan, jika pengunjung klik link terseut maka akan masuk ke postingan secara penuh.

Fitur ini masih jarang digunakan oleh blogger yang mungkin tidak tau keberadaannya atau tidak tau cara pengaplikasiannya. Sebuah tag readmore dapat digunakan untuk memotong postingan yang panjang. tapi sebagian template banyak yang sudah otomatis, dan juga ada plugins untuk membuat readmore secara otomatis.

 

  • Next Page Tag

 

Tag Next page atau halaman berikutnya bisa sangat berguna ketika menulis tutorial yang lengkap. Hal ini memungkinkan Anda untuk memecah atau memisah tutorial / artikel / posting ke beberapa halaman yang akan membuatnya lebih mudah dibaca bagi pengguna.

 

  • Pembatasan Jumlah Post Revisi

 

WordPress membuat membuat perubahan atau revisi terakhir setiap post menggunakan fitur post revision. Fitur ini bisa dikatakan sangat berguna jika anda memiliki banyak sekali artikel sehingga akan memakan banyak ruang dalam database, jika terus bertambah akan mengakibatkan blog atau website anda menjadi berat. Anda sebenarnya dapat mematikan fungsi revision ini, tapi saya sarankan untuk tetap menghidupkan, karena fitur ini bisa membantu Anda untuk melihat revisi postingan Anda sebelumnya jika memang sangat perlu. dan saya memberikan pilihan untuk membatasi fitur revisi ini untuk 3X penyimpanan revisi yaitu dengan cara menyisipkan kode berikut di ” wp – config.php ” file WordPress Anda :

Berikut adalah beberapa fitur yang masih jarang diketahui oleh banyak pengguna, dengan artikel ini diharapkan anda dapat lebih memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada WordPress dan menjadikan blog atau website anda lebih menarik dan berguna lagi.