Akhir tahun 2018, Pondok Pesantren (PP) Tahfidz Al Qur’an Darul Fikri (DAFI) menyelenggarakan wisuda tahfidz di SunCity Hotel Sidoarjo. Hari Ahad, 16 Desember 2018, hotel yang megah di pusat kota Sidoarjo menjadi saksi wisudawan dan wisudawati pecinta Al-Quran.

Ketua Dewan Pembina DAFI, KH Muhamad Sirot dalam sambutannya menyampaikan, DAFI bukan hanya pencetak para hafidz, hafidzah. “DAFI tidak cukup hanya mencetak para hafidz hafidzah, tapi harus diintegrasikan dengan akhlak dan prestasi bidang umum”, pesannya.

“Memadukan antara ilmu pengetahuan dengan adab, ilmu agama ini misi khusus. DAFI bermimpi menjadikan itu satu paket. Tidak lagi punya ilmu adab, tapi miskin dalam prestasi. Begitu juga sebaliknya, berprestasi dalam ilmu pengetahuan tapi miskin adab”, jelas Kyai Siroj panggilan akrabnya.

Yesterday is today, hadirkan kecemerlangan ummat masa lalu sebagai role model untuk masa kini”, tambahnya kepada para wisudawan.

Ketua Dewan Pembina ini menutup dalam sambutannya, “Para pengurus dan jajaran direksi DAFI sedang menyusun roadmap Gerakan Mencetak Satu Juta Hafidz Al Qur’an di seluruh Indonesia, mohon doanya”.

Total wisudawan kali ini sebanyak 139 santri. Ada enam kategori wisudawan. Pertama, 30 juz sebanyak 18 wisudawan. Kedua, 25 juz 1 wisudawan. Ketiga, 20 juz 1 wisudawan. Keempat, 15 juz 8 wisudawan. Kelima 10 juz 21 wisudawan dan keenam yang terbanyak, 5 juz 90 wisudawan.

Hadir sebagai undangan kehormatan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D. Beliau didaulat memberikan “inspiring speech” kepada para undangan.

Prof Joni tidak mampu menyembunyikan kekaguman beliau terhadap 139 santri yg diwisuda khususnya terhadap 18 santri yg telah menghafal 30 juz. Terlebih saat wisudawan bersimpuh di hadapan orang tua mereka untuk mengucapkan terima kasih atas kasih sayang dan cinta kasih mereka selama ini.

Pada kesempatan ini Darul Fikri juga menyerahkan hadiah nominator guru berprestasi, hadiah buat para juara. Acara disambung dengan penyerahan penghargaan untuk juara DIFEST (Darul Fikri Digital Islamic Festival).