Sharing penelitian adalah salah satu langkah untuk memberikan informasi kepada pihak lain tentang penelitian yang telah kita lakukan. Hal ini harus dilakukan, agar pengetahuan bisa lebih cepat tersebar sehingga mampu meningkatkan minat dan kemampuan para pengajar peneliti atau praktisi khususnya yang ada di daerah. Mengingat saat ini ada kesenjangan informasi yang membuat penelitian menjadi berjalan lambat di banyak daerah. Hal ini yang menjadi dasar pemikiran kami, tiga orang dosen PENS yang tergabung dalam Pusat Penelitian Industri Kreatif untuk memberikan sharing penelitian di Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

Sharing ini dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (SNPPM) yang berlangsung di kampus Universitas Islam Majapahit. Tema yang diusung adalah “Penguatan Inovasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Meningkatkan Jejaring di Era Industri 4.0”. Tema Industri 4.0 memang masih menarik minat namun belum banyak yang mengetahui secara detail. Salah satu bagian dari Industri 4.0 adalah Media. Inilah yang menjadi fokus dalam sharing penelitian mengingat penelitian kami berada di sana.

Kami bertiga menyampaikan penelitian kami. Mulai dari sistem bantu bahasa isyarat dengan sensor gerak, pengembangan media interaktif dan game, teknologi media dalam dunia edukasi yang semuanya adalah hasil penelitian kami. Pertanyaan dari peserta beragam baik tentang game, media, neuro-marketing dan sampai mengarah pada implementasinya pada bidang pertanian dan pendidikan.

Waktu memang membatasi kami untuk melanjutkan diskusi yang menarik. Meskipun tidak lagi di panggung sebagai nara sumber, kami masih berdiskusi dengan teman-teman dosen dari Universitas Islam Majapahit. Intinya adalah menjalin kolaborasi.

“Kompetensi akan membuat kita menang satu langkah dari orang lain, tetapi kolaborasi akan membuat kita berlari bersama menuju mimpi”.