Mengenal Lebih Dekat Video Streaming

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
1. Pengertian Video Streaming

Streaming,  sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Begitu familiar di zaman seperti sekarang ini. Sering kali kita menjumpai istilah streaming audio maupun streaming video. Yaps, streaming adalah teknologi yang digunakan untuk melihat audio maupun video secara langsung atau dengan pre-recorder di web server tanpa perlu kita menyimpan ataupun mendownloadnya. File-file ini diletakkan di server komputer dan dapat langsung kita lihat setelah mendapat perintah dari user dengan menggunakan koneksi internet sehingga proses waktu yang lama untuk mendownload file dapat dihindari.

Saat proses stream, file audio maupun video akan berbentuk sebuah buffer di komputer client. Yang dimaksud dengan buffer sendiri adalah proses pengiriman video maupun audio yang sedang di stream. Dalam sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan siap dijalankan oleh sistem. Waktu delay sendiri dari waktu sebelum file video maupun file audio di jalankan adalah sekitar 5 sampai 30 detik.

Streaming sendiri bekerja pada Protokol RTSP (Real Time Streaming Protocol) yang memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah antara web server dengan komputer pengakses. Protokol RTSP sendiri dapat melihat software atau player yang tepat untuk memainkan file audio-video. Demikian pula protokol RTSP ini akan melihat bandwidth yang sedang digunakan kemudian memutuskan seberapa besar kualitas audio-video yang akan diberikan pada pengakses.

2. Cara Kerja Video Streaming

Data source yang berupa video atau audio di capture dan di simpan pada sebuah buffer pada memori komputer kemudian di en-code sesuai dengan format yang di inginkan (user dapat melakukan kompresi sehingga ukuran data tidak terlalu besar). Namun perlu di ingat, bahwa aplikasi streaming yang menggunakan jaringan, data biasanya telah di kompresi terlebih dahulu sebelum proses streaming karena keterbatasan bandwidth oleh jaringan. Kemudian data akan di stream ke user lain setelah dilakukan en-code. User akan melakukan decode data dan menampilkan pada layer user.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan, konsep dasar dari video streaming sendiri ada 3 hal, yaitu :

  1. Membagi atau mempartisi video-video yang telah terkompresi ke dalam paket-paket data
  2. Pengiriman paket-paket data
  3. Penerima mulai men-code dan menjalankan video bersamaan dengan paket data yang lmasih dalam proses pengiriman

3. Kendala-Kendala yang sering terjadi saat proses streaming

  1. Bandwidth : Karena bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream, yaitu ukuran data stream yang harus di sesuaikan dengan kapasitas bandwidth jaringan. Nah untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
  2. Sinkronisasi dan Delay : Agar media tersampaikan dan di presentasikan sesuai dengan aslinya, maka harus tersinkron sesuai dengan timeline presentasi dan memiliki delay seminimal mungkin.

Semoga Bermanfaat 🙂