Baru saja Whatsapp resmi meluncurkan fitur barunya yang tentu saja bisa dinikmati oleh semua penggunanya. Fitur baru tersebut adalah fitur Sticker pada Whatsapp. Fitur baru ini merupakan fitur yang sudah lama dinanti oleh para pengguna whatsapp, pasalnya beberapa text messaging app lain sudah terlebih dahulu menyematkan fitur ini. Sebagai contoh aplikasi LINE, yang sudah bertahun-tahun menyematkan fitur ini, bahkan sudah ada market tersendiri untuk sticker pada aplikasi LINE.

Walaupun fitur ini sudah dianggap tidak baru lagi, namun para pengguna whatsapp tentunya sangat antusias dalam memanfaatkan fitur ini, seperti kita ketahui, whatsapp sendiri memilki pengguna yang cukup banyak, dan merupakan pengguna yang loyal.

Pada fitur baru ini, whatsapp telah menyediakan beberapa sticker lucu yang tentunya membuat orang yang menerima jadi senang. Namun sayangnya karena fitur yang masih baru ini, varian dari sticker pada whatsapp ini masih kurang banyak. Tapi tunggu dulu, whatsapp juga menyediakan fasilitas untuk kita agar bisa membuat sticker sendiri lho… Gimana tuh caranyaa? ayo kita coba ya

Pada dasarnya, Whatsapp menyediakan fitur resmi untuk memfasilitasi sticker creator untuk mempublish karya mereka secara resmi, untuk cara resminya bisa dilihat disini https://faq.whatsapp.com/general/26000226 , sticker creator dapat membuat sticker dan mengunggahnya secara resmi dalam bentuk aplikasi di playstore google atau di apple store. Namun cara tersebut mungkin terlalu ribet apabila tujuan kita hanya untuk bersenang-senang.

Oleh karena itu saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat sticker whatsapp secara resmi, namun disini saya akan memberikan ulasan bagaimana cara membuat sticker personal whatsapp yang kita gunakan untuk bersenang-senang. Yang kita butuhkan adalah beberapa aplikasi berikut.

  • Aplikasi Whatsapp Beta, bisa di download dimari

Aplikasi whatsapp beta ini hanya untuk pengguna android, jadi untuk para pengguna IOS mohon maaf masih belum bisa ya, tapi tenang, klo anda punya smartphone IOS, anda masih bisa menikmati stiker ini, klo anda punya dua2nya, silahkan membuat stiker di android, lalu share di smartphone IOS anda.

  • Personal sticker for Whatsapp

Aplikasi ini bertujuan untuk meregistrasikan sticker yang telah kita buat, agar bisa masuk pada gallery sticker yang bisa kita gunakan. Aplikasi ini nantinya akan mendeteksi folder pada smartphone anda yang memiliki file dengan extensi png

  • File sticker berupa file png atau webp

Untuk langkah penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan instalasi whatsapp beta
  2. Kemudian install aplikasi Personal sticker for Whatsapp
  3. Tambahan tapi gak wajib (cari aja aplikasi di playstore untuk membuat file png, misal jpg to png, atau background eraser, dan aplikasi2 lain yang bisa kmu buat lucu-lucuan)
  4. Pastikan anda punya file png
  5. buka aplikasi “Personal sticker for Whatsapp”
  6. akan keluar tampilan seperti berikut, setelah itu tinggal anda pilih tombol add, Catatan : pada tiap folder, minimal harus mempunya 3 file png, apabila kurang dari 3 file, anda tidak bisa menambahkan folder tersebut ke personal sticker anda
    WA personal sticker
    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest
  7. Lalu kemudian coba masuk ke whatsapp anda, dan perhatikan sticker yang anda buat, sudah bisa digunakan
  8.  
    WA personal sticker
    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest

Demikian, silahkan dicoba ya. Tapi ingat, gunakan secara bijak, jangan membuat sticker yang bisa menimbulkan keresahan dan merugikan pihak manapun… JOSS yaa.

Btw, dari yang baca ini, ada yang belum bisa caranya ngirim sticker yaa??? hehehe… atau paling bisanya cuma forward2 sticker…. wakakakakakkak