PICO (PENS International Cooperation Office) adalah salah satu unit kerja PENS dibagian urusan internasional. Dalam pekerjaannya menjalankan visi misi nya PICO tidak berjalan sendiri. PICO memiliki volunteers yang membantu kegiatan PICO di kampus PENS. Mulai dari membuat konsep acara sampai dengan eksekusi acara, volunteers dilibatkan dan dilatih menjadi mahasiswa yang mampu berkompetitif dan bekerja dalam tim.Tidak hanya itu, mahasiswa volunteers mulai membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris dalam aktivitas di kantor urusan internasional PENS. Berdiskusi, menyapa teman, sampai yang hanya “guyonan” volunteers menggunakan bahasa inggris.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar 1 Saat Volunteers Meeting
Sumber : Dokumentasi PICO

Memang tidak mudah dalam memulai membiasakan diri, awalnya malu malu dan takut salah. Namun volunteers PICO memiliki semangat dan tujuan yang sama dalam melatih skil komunikasi berbahasa inggris mereka.

Bahasa Inggris sangat penting pada saat ini, pada era globalisasi terdapat banyak perkembangan disegala bidang.Contohnya dibidangan teknologi, perdagangan, bisnis, ekonomi, dll. Diera globalisasi memungkinkan terjadi banyaknya persaingan, tidak hanya di bidang perdagangan tetapi bisa saja dibidang bisnis contoh nyata dari persaingan bisnis pada saat ini adalah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dengan adanya MEA memungkinkan banyak warga negara asing bebas memasuki suatu negara yang tergabung dengan ASEAN. Mereka datang untuk mendapatkan peluang kerja, maka dari itu terdapat persaingan yang kuat antara warga negara asli dan warga negara asing. Dalam menghadapi persaingan yang cukup kuat ini maka dibutuhkan skill yang handal.

Dengan membiasakan diri berkomunikasi menggunakan bahasa Internasional, diharapkan mahasiswa yang bergabung dalam volunteers PICO menjadi mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris dan dapat menjadi bekal untuk masa depannya. (/irin)

 

Sumber :

http://pico.pens.ac.id;https://portal-ilmu.com