Kompas TV Surabaya merupakan stasiun TV berita yang menyiarkan beritanya melalui acara “Kompas Jatim” setiap senin-jumat pukul 6 pagi dan acara “Kompas Sepekan” pada hari sabtu dan minggu. Sebelum disiarkan, tentu stasiun TV akan melakukan proses perekaman (taping). Proses perekaman di Kompas TV dilakukan pada hari senin-jumat saja. Dalam proses perekaman pasti akan ada kesalahan yang terjadi, baik dari pembawa berita ataupun dari staf yang berada di control room. Kesalahan yang sering terjadi diantaranya adalah pembawa acara salah dalam pengucapan kata, CG salah keluar, audio bocor, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan video yang bagus dan sesuai standar yang diinginkan, pastilah diperlukan editing video.

Proses editing video di Kompas TV Surabaya ada 3 macam, yaitu editing video hasil taping, editing video untuk lokal (akan dipakai untuk taping keesokan hari) , dan editing video untuk Jakarta. Untuk editing video hasil taping biasanya dilakukan langsung setelah taping dan dikerjakan oleh karyawan Kompas TV sendiri, setelah diedit file akan langsung dikirim ke port stasiun transmisi Kompas yang ada di Jakarta melalui aplikasi “FileZilla”. Untuk editing video lokal dan Jakarta biasanya akan diberikan ke anak magang. Perbedaan video local dan Jakarta terletak pada durasi dan format video, untuk video lokal durasi maksimal nya 1 menit video VO dan 45 detik untuk video SOT dengan format video MPEG2, dan untuk video Jakarta durasi maksimal nya adalah 10 menit dengan format video WMV (Windows Media).  Video lokal biasanya didapat dari video-video kontributor yang ada di Jawa Timur dan liputan para VJ, semua bergantung pada Korlip (Koordinator Liputan) mau menyiarkan video yang mana saja. Untuk video Jakarta biasanya hanya berasal dari liputan VJ yang setiap harinya meliput video terbaru.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Editing Video di Kompas TV menggunakan aplikasi Adobe Premier atau Edius, bergantung pada individu yang memakainya, lebih nyaman memakai edius atau adobe premiere. Pada proses editing biasanya yang dilakukan pertama adalah blok semua frame video lalu klik kanan dan pilih “Scale To Frame Size”. Setelah itu cutting video, video yang di-cut adalah video dengan durasi tiap scene-nya terlalu panjang, video yang angle-nya salah, dan bagian video yang sekiranya tidak diperlukan. Terakhir tambahkan audio effect yang fill right agar audio stabil. Jika sekiranya video sudah sesuai dengan durasi yang diinginkan, maka video siap dirender sesuai dengan format yang ditentukan. Khusus untuk video paket, maka didalamnya sudah ditambahkan audio dubbing dan backsound yang sesuai dengan gambar video.