Caesar III adalah sebuah game city-builder yang sangat lengkap dengan latar belakang kota-kota dan budaya Romawi. Game keluaran 1999 ini merupakan game dengan skenario dan grafik yang menawan pada masanya. Kita bisa berperan sebagai gubernur dari Kerajaan Romawi untuk membangun kota dengan berbagai permasalahannya pada waktu itu.

Pada saat pertama bermain, kita akan dipandu bagaimana membangun sebuah kota dimulai dengan menambah populasi dari membangun rumah-rumah. Di awal saja kita langsung berhadapan dengan masalah kebakaran dan kerusakan bangunan. Jadi kita harus pandai-pandai meletakkan sumur, kantor pemadam kebakaran dan kantor kontruksi. Kita akan diberi tantangan yang sangat mudah yaitu mencapai populasi 500.

Pada level-level berikutnya, pemasalahan akan bertambah dengan resource berupa pangan, air, ekonomi, hiburan, kepercayaan dan gangguan keamanan.

Permasalahan pertama adalah pangan. Kita harus mengetahui dimana tempat yang subur untuk pertanian, kemudian mengatur letak lumbung (granary) dan pasar. Kita mengatur distribusi pangan sehingga semua penduduk mendapatkan pangan yang cukup.

Permasalahan kedua adalah air. Kita harus mengatur tata letak air bersih dengan fountain dan distribusinya. Pada tempat-tempat yang dekat dengan sungai, maka fountain dengan mudah beroperasi. Namun pada lokasi yang jauh dengan sungai, kita harus menyalurkan air dengan saluran-saluran air dan bak penampungan air.

Masalah ketiga adalah ekonomi. Dalam game ini, setiap kota memiliki potensi ekonomi yang berbeda. Ada yang punya potensi pertanian, perikanan, dan pertambangan. Kita harus pandai dalam mengatur ekonomi dengan tata letak pelabuhan, gudang dan industri. Kita juga bisa menjadwalkan import dan ekspor melalui kerjasama dengan kota lain.

Masalah keempat adalah hiburan dann kepercayaan. Dalam game ini terdapat 5 dewa yang harus kita layani dengan dibangun rumah ibadah dan mengadakan festival. Ketika ada salah satu dewa yang marah, bisa-bisa kota kita akan mengalami masalah, misalnya gagal panen bila dewa pertanian marah, atau rusaknya sumbu perekonomian bila dewa ekonomi marah.

Demikian juga hiburan, kita harus menyediakan hiburan untuk penduduk supaya tidak stres. Kita bisa membangun theater, amphitheater, colosium dan bangunan-bangunan lainnya. Bidang ini yang menunjukkan bagaimana bangunan-bangunan Romawi ada.

Masalah kelima adalah gangguan keamanan. Gangguan keamanan ada tiga macam yaitu kriminal dalam kota, serangan suku liar, dan serangan pasukan. Untuk kriminal dalam kota, kita bisa mengatasi dengan menaikan rating perekonomian dan tata letak kantor polisi. Sedangkan untuk serangan dari luar, kita harus membangun pasukan dan tembok pertahanan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Membangun pertanian dan mendistribusikan pangan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Membuat pertahan dengan pasukan dan tembok pertahanan

Masih banyak masalah yang lain seperti pajak, emigrasi, paceklik, binatang buas. KIta akan merasa seperti seorang gubernur yang harus memperhatikan permasalahan yang ada di kota kita. Namanya memang gubernur bukan walikota dalam game ini.

Yang menarik adalah pendapat dari pak Iwan Syarif yang mengatakan bahwa, “Ternyata kota-kota yang ada di game Caesar III itu benar-benar ada!”. Nah, tertarik kan untuk mencobanya? Kalau ingin beli game ini lewat Steam bisa, harganya juga tidak terlalu mahal. Kalau ingin mencoba versi online bisa masuk ke sini:
https://epicport.com/en/caesar3