E-Commerse atau electronic commerce, adalah kumpulan teknologi, aplikasi dan bisnis yang menghubungkan Perusahaan atau penjual dengan konsumen untuk melakukan transaksi secara elektronik baik melalui internet, televisi, maupun jaringan komputer lainnya. [dkppa jogjaprov]

Kegiatan e-commerce merupakan bentuk pengaplikasian dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik (e-banking), SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),  yang saat ini sedang menjadi trend dikalangan masyarakat seluruh dunia, khususnya di Indonesia. [dkppa jogjaprov]

Dewasa ini, banyak dari masyarakat Indonesia tengah mencoba berbisinis melalui media online atau biasa disebut Online Shop, dan kegiatan ini juga sangat didukung oleh konsumen dari Indonesia pula yang semakin hari semakin malas untuk bepergian membeli barang, makanan, jasa dan lain-lain. Dengan terjadinya fenomena tersebut bisnis online di Indonesia tergolong menjanjikan untuk dicoba.

Salah satu teknologi yang digemari oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan jual beli online adalah Instagram, Line, Shopee, Tokopedia, Bukalapak.com, Traveloka dan masih banyak yang lainnya. Teknologi atau aplikasi yang digunakan tidak lepas dari jaringan komputer untuk multimedia.

Kegiatan jual beli secara online ini pasti didukung oleh teknologi bebasis jaringan komputer dan multimedia, salah satuny adalah penggunaan WEB. Saat ini Web menjadi salah satu media yang digemari oleh masyarakat Indonesia, selain mudah untuk ditemukan Web juga dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku jual beli online.

Website e-commerce merupakan sebuah kewajiban agar dapat meningkatkan daya jual. Konsumen atau calon pembeli akan menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk dari toko, harga yang ditawarkan, dan jenis – jenis barang yang ada di toko. Dengan begitu memasang produk atau jasa di Website E-commerce juga merupakan media promosi bagi pelaku bisnis online.

Penggunaan Website E-commerce ini memiliki beberapa manfaat yang cukup besar bagi pelaku bisnis, berikut adalah beberapa diantaranya :

1.Meningkatkan Kredibilitas

Memiliki Website E-commerce memiliki keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis online, dengan adanya Website maka perusahaan atau toko yang Anda miliki akan lebih terpercaya. Konsumen atau calon pembeli akan lebih mudah mencarinya melalui internet, dapat dengan mudah melihat profil perusahaan Anda, produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan harga yang ditawarkan. Maka semakin menarik desain website yang Anda miliki akan semakin menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari konsumen.

2. Memudahkan pencarian informasi

Masyarakat saat ini terbiasa dengan mencari sesuatu melalui internet, karena perkembangan internet saat ini jauh lebih baik dan semakin luas. Oleh karena itu dengan adanya Website E-commerce yang Anda miliki akan memudahkan konsumen mencari informasi mengenai perusahaaan Anda, produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan harga yang diberikan, bahkan saat toko Anda tutup. Memiliki Website E-commerce dapat memudahkan konsumen mengakses ‘toko’ Anda dimanapun, kapanpun, baik melalui PC, smartphone, ataupun tablet, tanpa harus mengunjungi toko secara langsung.

3. Menghemat waktu dan pengeluaran

Memiliki Website E-commerce akan menghemat waktu dan anggaran perusahaan. Web E-commerce dapat menjadi tempat promosi sekaligus tempat jual beli, perusahaan dapat mencantumkan informasi – informasi yang dibutuhkan oleh konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, serta dapat secara langsung melakukan transaksi melalui website tersebut apabila memungkinkan terdapat ruang chat. Dengan begitu perusahaan tidak perlu cara konvensional seperti membuat brosur dan menyebarkannya ataupun menelpon konsumen untuk janji bertemu, hal tersebut dapat membuang waktu dan anggaran yang Anda miliki.

4. Memperluas jaringan

Dengan Website E-commerce yang mudah diakses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun, hal ini dapat memberikan keuntungan bagi luasnya bisnis maupun relasi Anda. Perusahaan Anda dapat dilihat oleh siapapun baik dalam tingkat nasional maupun internasional hanya dengan melihat Web E-commerce Anda yang memiliki profil perusahaan dan informasi yang dibutuh kan oleh konsumen.

Desain dari Website E-commerce yang Anda miliki juga mempengaruhi tingkat keinginan konsumen untuk membeli produk atau jasa Anda. Semakin profesional desain website yang Anda miliki akan semakin menarik perhatian pembeli pula. Berikut adalah salah satu pembuat desain web gratis yang saya sarankan untuk Website E-commerce Anda adalah wix.com.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest