Youtube dan Live Streaming Youtube, pasti loe mengenal website ini yang memuat kumpulan video hitz yang bisa diakses dan ditonton dengan komputer ataupun ponsel. sekarang, Youtube sudah kehubung dengan Google. So, jika loe punya akun GMAIL, maka loe bias aktifin akun Youtube sendiri yang bisa jadi channel loe sendiri. Jadi, loe punya pustaka video, upload video yang bisa disimpan sendiri secara privat atau bisa dibagikan ke publik. Selain itu, Youtube juga punya fasilitas Saluran atau Channel khusus bagi loe yang pingin membuat siaran langsung yang bisa ditonton secara “live” oleh seluruh penonton Youtube dimana pun mereka berada, hanya melalui layar ponsel. Hebatkan? Fasilitas Channel Siaran Langsung “Live” ini bisa loe manfaatkan untuk membuat acara pembelajaran berbasis multimedia.

Dengan fitur ini, guru bisa merekam aktivitasnya maupun tutorial materi ajar yang disampaikan, lalu disiarkan secara live via Youtube. Sedangkan para siswa bisa mengakses dan menyaksikan penjelasan guru secara live melalui Youtube. Jika mereka ketinggalan, video itu masih tersimpan di akun Youtube guru dan sewaktu-waktu bisa ditonton lagi selama belum dihapus oleh guru. Tak hanya itu, dalam video live ini bisa juga terjadi interaksi antara guru dan siswa dengan memanfaatkan software “Hangout” milik Google yang telah terhubung dengan Akun EMAIL.

Komunikasi interaktif ini memberi manfaat besar bagi model pembelajaran berbasis multimedia karena komunikasi bisa berlangsung dua arah dan itu terjadi secara langsung di waktu yang bersamaan. Melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan Google melalui akun Email, akun Youtube dan akun Hangout ini, maka sangat rugi jika kelebihan-kelebihan ini tidak dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Siaran Langsung (Live Streaming) via Youtube ini gak hanya bisa dipakai untuk memvideokan pembelajaran, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk even-even di sekolah yang membutuhkan siaran langsung, misalnya, acara wisuda, acara temu wali murid, kegiatan ekstrakulikuler, dan even-even lain di sekolah yang perlu didokumentasikan dalam bentuk video dan bisa dipublikasikan secara luas.

Intinya, Loe bisa menampilkan secara langsung kegiatan atau acara Loe, misalnya seperti acara konser, acara olahraga, bermain game, bincang-bincang (talk show) atau rekaman Loe sendiri. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, tentunya Loe bisa berinteraksi dengan siswa atau penggemar Loe dengan cara yang lebih seru. Bagaimana, Loe pasti berminat untuk mencobanya? Silahkan ikuti penjelasan singkat di bawah ini. Jika Loe menemukan kesulitan, bisa berkonsultasi dengan Penulis melalui jaringan ponsel, email, maupun website. pastikan bahwa loe punya akun gmail terlebih dahulu. Kalo lo gak tau caranya cobadeh browsing diinternet banyak

Oke lanjut..ada syarat Utama Youtube Perlu diketahui, bahwa untuk bisa melakukan siaran langsung ini, pastikan akun youtube Loe bereputasi baik dan saluran Loe sudah diverifikasi dengan nomor telepon, serta tidak memiliki pembatasan streaming langsung dalam 90 hari terakhir. Jika saluran Loe memenuhi syarat tersebut maka loe bisa langsung mengaktifkan fitur live streaming.

  • Syarat yang pertama untuk bisa melakukan live streaming di youtube adalah memiliki channel youtube yang sudah terverifikasi. Caranya gampang sekali. Loe cukup kunjungi http://www.youtube.com/verify dengan kondisi sudah login ke Youtube, lalu masukan nomor handphone yang bisa dihubungi untuk menerima sms atau telepon berisi kode verifikasi. Pilih saja “pilihan sms”, biasa lebih cepat, lebih murah, dan langsung bisa diketahui nomor verifikasi dari Google sebanyak 6 angka.
  • Syarat yang kedua adalah mengaktifkan fitur Live streaming pada halaman https://www.youtube.com/features. Pastikan Loe melihat status channel Loe dalam keadaan Partner Verified. Dan juga, jangan lupa fitur Live Streaming harus berada pada kondisi Enabled.

 

Cara Mengaktifkan Live Streaming di Youtube

Aktifkan streaming langsung dari alat Creator Studio -> Streaming Langsung.

Cara Membuat Live Streaming di Youtube Setelah saluran diaktifkan, Loe memiliki dua pilihan untuk memulai live streaming.

  1. Streaming Sekarang
  2. Acara

Pertama: Streaming

Sekarang Loe bisa dengan cepat dan mudah untuk streaming langsung. Hanya dengan mulai kirim konten dan Youtube secara otomatis akan memulai dan menghentikan streaming untuk Loe pada waktu yang tepat. YouTube akan mendeteksi resolusi streaming dan frekuensi gambar Loe secara otomatis.

  • Untuk melakukan live streaming secara instan, pertama Loe harus download dan menyiapkan pembuat enkode menggunakan Nama/Kunci Streaming serta URL Server.
  • Tambahkan judul dan deskripsi di tab INFO DASAR. Loe juga bisa menambahkan gambar mini khusus yang mewakili acara.
  • Opsional: Jadwalkan waktu streaming Loe berikutnya.
  • Tambahkan kartu Dana dari Penggemar opsional untuk menghasilkan uang dari streaming Loe.
  • Pilih Kategori yang sesuai: Jika kategori Game, tambahkan Judul game untuk memudahkan orang menemukan streaming Loe.
  • Tetapkan setelan privasi ke Publik, Tidak Tercantum, atau Pribadi
  • Pada tab OPSI ALIRAN, pada pengoptimalan streaming pilih antara Latensi Rendah atau Kualitas Tertinggi. Latensi Rendah lebih mendekati streaming secara real-time bagi pengguna. Kualitas Tertinggi memberikan pengalaman menonton yang paling lancar kepada pemirsa Loe.
  • Jika Loe hanya memiliki hak untuk acara langsung, centang kotak “Tloei arsip sebagai tidak tercantum saat selesai”. Loe bisa menggunakan ini untuk menghapus arsip acara langsung dari indeks penelusuran. Tautan tersebut masih bisa dibagikan dan disematkan. Tindakan ini akan menerapkan setelan segera setelah siaran langsung selesai.

Ketika streaming berlangsung:

Silahkan berinteraksi dengan pemirsa menggunakan chat langsung. Streaming Sekarang Acara Info Dasar

  1. Bagikan tautan di platform media sosial menggunakan alat BAGIKAN.
  2. Perhatikan bagian Analytics real-time.
  3. Pantau streaming di pemutar, pada bilah status di bagian atas, dan di tab Kelancaran Streaming.

Setelah streaming selesai:

Hentikan pengiriman konten dari pembuat enkode, dan Youtube akan menghentikan streaming Loe. Youtube akan secara otomatis mengarsipkan acara hingga 12 jam dan menyediakannya di Pengelola Video. Sebaiknya Loe merekam arsip lokal sebagai cadangan. Perlu diingat bahwa Editor Video YouTube hanya mengizinkan pengeditan video berdurasi 3 jam atau kurang.

Kedua: Acara

Fitur kedua ini (Acara) memberi Loe kontrol lebih pada streaming langsung Loe. Loe bisa melihat pratinjau sebelum menyiarkan secara langsung, memilih opsi privasi, menetapkan waktu mulai, mengaktifkan streaming cadangan untuk bagian yang tak terpakai, membuat beberapa siaran langsung, menstreaming semuanya secara bersamaan dan bisa memulai dan menghentikan streaming kapan saja.

  • Untuk memulai streaming langsung dari Pengelola Video, klik Acara
  • Kemudian Klik Siaran Langsung Baru di sebelah kanan.
  • Silahkan lengkapi bagian tab Info Dasar
  • Masukkan Judul, deskripsi, dan tag
  • Masukkan waktu Mulai dan Akhir
  • Setelan Privasi: Hanya acara Publik yang akan muncul di saluran, hasil penelusuran, dan promosi. Pilih Tidak Tercantum atau Pribadi untuk menguji acara.
  • Jenis: Pilih Cepat untuk meluncurkan Siaran Hangouts. Pilih Khusus untuk menggunakan pembuat enkode dan kontrol khusus.
  • Pada tab Setelan Lanjutan. Acara
  • Loe bisa aktifkan Chat langsung dan tanggapan
  • Opsi Distribusi: Loe bisa mengaktifkan atau menonaktifkan penyematan dan notifikasi pelanggan. § Kategorikan konten, Pilih Kategori yang sesuai
  • Rekaman: Arsip dengan durasi lebih dari 8 jam kemungkinan tidak akan direkam. Disarankan untuk merekam arsip lokal sebagai cadangan. Perlu diingat bahwa Editor Video YouTube hanya mengizinkan pengeditan video berdurasi 3 jam atau kurang.
  • DVR: Loe bisa menjeda atau memundurkan acara, dan kembali ke siaran langsung. DVR akan menampilkan 4 jam video terbaru pada 30fps, atau 2 jam pada 60fps dengan latensi rendah.
  • Penundaan Siaran: Loe bisa menerapkan penundaan siaran selama 30 atau 60 detik ke streaming publik. Meskipun tidak ada penundaan, pemutar pratinjau akan tertunda hingga 15 detik setelah umpan langsung.
  • Loe bisa mempromosikan acara Loe kepada semua penggemar menggunakan konten unggulan. § Loe bisa Monetisasi konten siaran langsung loe pada pilih tab monetisasi untuk mengaktifkan.
  • Setelah semua sudah terisi loe bisa langsung memulai menayangkan live streaming loe

Coba bikin video yang lagi booming atau memang lagi in saat ini, atau bikin video yang bisa manfaat bagi banyak orang. Contoh video tentang pembelajaran Bahasa inggris atau matematika. Loe bias bikin video yang menarik banyak orang, contoh video tentang lawakan atau video horror atau apalah yang pokoknya menarik banyak orang  lihat video streaming loe . Mungkin loe bias tambah effect-effect yang gak biasa divideo yang loe buat jadi kesanya gak biasa. Lalu outfit atau pemilihan pakaian saat streaming juga jangan dilupakan karena itu juga mempengaruhi penonton yang akan melihat video loe. So, saat loe mau streaming, Berkaca dulu dari ujung rambut samapi ujung kaki udah enak dilihat belum, dan jangan lupa juga konten. dan yang paling pasti wifi yang lancar bosque…