Perkembangan teknologi saat ini, sangat mempengaruhi fitur-fitur yang ada pada sosial media. Salah satunya, adalah Media Streaming. Media Streaming adalah salah satu contoh penerapan yang menggunakan teknologi jaringan multimedia. Teknologi tersebut merujuk pada jaringan pengiriman data, dengan waktu penerimaan yang terus menerus.

Pada sosial media penggunaan Media Streaming sudah banyak digunakan sebagai fitur tambahan. Di era ini, Youtube menjadi website streaming terpopuler dengan ratusan juta viewer per hari yang menonton berbagai konten video yang disediakan. Nah, Salah satu cara membangun streaming server adalah dengan menggunakan teknologi Nginx dan FFmpeg.

Nginx atau yang biasa dibaca engine x adalah aplikasi http server yang sekarang mulai banyak digunakan untuk pembuatan website server, telah banyak layanan yang menggunakan Nginx sebagai aplikasi http server nya. Selain itu, nginx ini dapat dijadikan server media streaming RTMP flash. FFmpeg adalah program komputer yang dapat merekam, mengkonversi dan streaming audio dan video digital dalam beberapa format. FFmpeg merupakan aplikasi command line yang terdiri dari kumpulan software open source. Termasuk libavcodec, library untuk audio codec / video codec yang digunakan oleh beberapa proyek lain, dan libavformat, library untuk audio / video mux kontainer dan demux container. Salah satu keunggulan dari FFMPEG adalah mampu dijadikan sebagai aplikasi encoder sistem yang bersifat Live dengan menggunakan protokol RTMP.

Youtube sebagai sosial media yang menggunakan live streaming, terus memperbarui teknologinya. Berikut adalah fitur baru yang diberikan youtube untuk penggunanya:

  1. Memberikan teks berbahasa Inggris pada saat streaming berlangsung. Hal tersebut memanfaatkan teknologi Live Automatic Speech Recognition (LASR). Manfaat dari fitur terbaru ini adalah pengguna lebih mudah memahami isi siaran langsung.
  2. Pemutaran ulang video siaran langsung. Dengan fitur ini, tayangan streaming nantinya muncul di samping video dan dapat diputar saat ditonton.
  3. Menciptakan fitur geo-tagging dalam video siaran langsung.  Fitur ini memungkinkan penonton bisa mengetahui lokasi yang digunakan untuk merekam sekaligus menyaring penelusuran video lain yang dekat dengan lokasi tersebut.
  4. Fitur Super Chat yang mana penonton dapat memberikan imbalan agar komentarnya tampak menonjol dan muncul di gadget kesayangan.