Kompresi adalah suatu proses yang bertujuan untuk memampatkan atau mengecilkan ukuran suatu data. Proses ini mengkodekan informasi menggunakan bit yang lebih rendah dari sebelumnya daripada representasi data yang tidak dikodekan dengan suatu sistem penyandian tertentu.

kompresi memiliki aturan sebagai berikut :

  1. Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihak yang melakukan kompresi yaitu pengirim dengan pihak yang melakukan dekompresi yaitu penerima memiliki suatu aturan kompresi data yang sama.
  2. Pihak yang melakukan kompresi data harus menggunakan aturan-aturan kompresi data yang baku dan pihak yang melakukan dekompresi juga harus menggunakan aturan yang sama dengan pihak yang melakukan kompresi.

Kompresi juga memiliki teknik dasar, yaitu :

  1. Kompresi memiliki teknik yang disebut Lossy, yang berati dalam proses kompresi terdapat beberapa data yang hilang, namun data yang hilang adalah data yang kurang penting atau dapat dihilangkan dalam proses.
  2. Kompresi memiliki teknik Entropi yang disebut Loseless. Pada proses ini tidak ada data yang dihilangkan. Preses ini menggunakan Huffman Coding.
  3. Kompresi memiliki Teknik yang disebut Hybrid. Proses ini memadukan antara teknik Lossy dan Loseless.

Diagram Alur Proses Kompresi

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

  1. Persiapan Data yang akan dikonversi dari data analog ke data digital.
  2. Pemrosesan data akan mengubah suatu data yang akan dikompresi
  3. Kuantisasi untuk mempetakan granularity, seperti bilangan pecahan ke bilangan bulat.
  4. Kompresi entropi, pengambilan data secara berurutan data per bit pada media yang bebas. Proses ini dilakukan pada tahap akhir.

Macam-macam Kompresi

  1. Kompresi Lossy, teknik yang mana data hasil dekompresi tidak seperti data awal sebelum dikompresi. caranya, membuang data-data yang tidak diperlukan namun data setelah kompresi masih dapat digunakan. Kelebihan kompresi Lossy adalah ukuran file yang lebih kecil dibandingkan Loseless namun masih dapat digunakan. Contohnya : MP3, Streaming media, MPEG, WMA, JPEG.
  2. Kompresi Loseless, teknik yang mana data hasil kompresi sama dengan data sebelum kompresi dilakukan. Contoh aplikasinya seperti ZIP, RAR, dan GZIP. beberapa data yang berupa image seperti PNG dan GIF.

Manfaat Kompresi

  1. Kompresi memiliki keuntungan dalam hal penyimpanan data, data yang disimpan akan semakin kecil.
  2. Pengiriman data semakin cepat.
  3. Lebar bidang (Bandwidth) dapat diperkecil.