Motion Graphics adalah bagian atau lanjutan dari Seni Desain Grafis yang merupakan Gabungan dari Tipografi, Fotografi, Videografi juga Ilustrasi dengan cara menganimasikannya. Motion Graphics, juga dapat disebut dengan istilah Grafis Gerak adalah Grafis yang bergerak.

Kali ini kita akan belajar tentang cara pembuatannya melalui software After Effects.

Pertama, kita harus menyiapkan software After Effects. Bila belum mempunyai software tersebut bisa didownload di website resmi Adobe.

Selanjutnya kita perlu menyiapkan gambar yang akan kita gerakkan di After Effects. Gambar-gambar tersebut bisa kita buat sendiri melalui software desain grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dll.

Setelah gambar yang kita buat sudah siap, kita masukkan ke dalam project kita di After Effects. Siapkan dulu Sequencenya, kita atur juga seberapa besar ukuran video kita disana.

Lalu masukkan gambar-gambar tadi dari project ke dalam sequence.

Kita coba dengan sebuah gambar, klik gambar tadi (yang di dalam sequence) lalu klik ‘p’ (position). Trus kita klik tombol seperti jam di samping tulisan position sampai menyala. Lalu kita pindah ke frame lain dan pindahkan letak objek tersebut.¬† Kita coba Play¬†dengan tombol space.

Untuk fungsi lain seperti merubah ukuran bisa menggunakan huruf ‘s’ seperti menggunakan huruf ‘p’ tadi. Tinggal pemindahan tempatnya diganti merubah ukuran gambar.

Fungsi lainnya seperti merotasikan gambar bisa menggunakan huruf ‘r’ seperti cara sebelumnya. Tinggal kita ubah saja pada settingannya berapa kali putaran yang kita perlukan dan berakhir pada sudut rotasi keberapa.

 

Setelah semua bergerakan kita selesai kita buat, kita beri background biar lebih keren. Pilih tab layer > new > solid. Kita tentukan warna apa yang akan kita gunakan untuk bacground. Klik OK.

Kita coba memutar ulang video kita dengan tombol play (atau space). Bila hasilnya sudah sesuai ekspektasi bisa langsung kita render dengan cara masuk tab file > export > add to render queue. Lalu kita atur settingan rendernya dan memulai render.

 

Semoga tutorial ini bermanfaat.