Merdeka Belajar, Merdeka Kerja

Sebelum masuk ke cerita “perjodohan” 🙂 , baiknya menengok goal alias hasil dari perjodohan yang sejoli dan sehati. Video di bawah ini adalah buah manis dari “pernikahan” yang penuh berkah dan cinta kasih 2 hobby yang berbeda. Sekaligus menyambut seruan mas menteri, “Merdeka Belajar”. Penulis genapi dengan “Merdeka Kerja”. Maka, terciptalah tempat belajar dan kerja yang merdeka dan santuy 😊

Merdeka Belajar, Merdeka Kerja.  Tempat belajar dan kerja yg merdeka dan santuy 😊

Antara Rezeki, Jodoh dan Ajal

Ada tiga ketentuan yang sudah ada paketnya; Rejeki, Jodoh dan Ajal. Kita “tinggal” menyakini dan menjalankan untuk menyambutnya. Tiga ketentuan itu berlaku untuk setiap manusia yang terlahir di muka bumi ini.

Kali ini, penulis mencoba untuk mengangkat tema tentang “Jodoh”. Jodoh yang dimaksud bukanlah seorang pemuda yang akan berjodoh dengan seorang pemudi 🙂 , tapi jodoh dalam hobby? Hemmm apa yang dimaksud dengan jodoh dalam hobby itu?

Dalam hubungan suami istri, jodoh bukan semata mempunyai kebiasaan, perilaku, kecenderungan atau hobby yang sama. Memang ada suami istri yang mempunyai “kemiripan tinggi”. Tapi tidak sedikit yang mempunyai beberapa “perbedaan”. Bahkan dengan perbedaan diantara pasangan tersebut, bisa saling melengkapi.

Begitu pun juga dengan hobby, seorang suami tidak harus punya hobby yang sama dengan istri. Begitu juga istri, tidak harus ikut sama persis dengan hobby suami. Pertanyaannya, apa bisa menyatukan atau menjodohkan hobby suami dan istri yang berbeda itu dalam “kebersamaan” ?

Jodoh Hobby itu Ketemu di Kolam Koi

Berawal dari ikan koi di kolam yang sering mati. Berbagai penyebab dievaluasi. Mulai dari air yang terlalu dangkal. Kejatuhan air hujan yang cukup banyak, sampai bocornya kolam. Keputusan akhirnya adalah renovasi kolam koi.

Salah satu yang perlu dibicarakan dengan istri adalah, “tergusurnya” tempat 6 pot tanaman hias yang cukup besar. Ya, istri dengan hobbynya tanaman hias dan buah mungkin “terancam” hehe. Selain tanaman itu, sangat banyak tanaman lainnya. Dominasi tanaman berwarna hijau ini menghiasi pekarangan depan rumah, teras, ruang tamu, dapur, ruang makan sampai halaman belakang.

Dibalik masalah apapun, pasti ada jalan keluarnya. Begitu juga dengan tergusurnya beberapa pot tersebut. Eng ing eng…. Setelah browsing sana-sini serta diskusi bersama komunitas ikan koi, termasuk komunitas “PENS KoiLover’s”, akhirnya desainnya final. Dalam desain tersebut berhasil menikahkan hobby penulis dan istri 🙂 .

Di bagian bawah kolam utama berfungsi sebagai kolam ikan koi, di bagian atas, talang air beserta waterfall berfungsi sebagai “pot” tanaman hias yang serba media air atau dikenal dengan hidroponik.

Bahkan dengan pernikahan yang sah dan penuh berkah ini, selain untuk tempat bercengrama, belajar dan bekerja, juga terjadinya simbiosis mutualisme. Sisa makanan dari ikan yang bersifat racun bisa diserap tanaman sebagai makanan. Sementara tanaman menghasilkan filterisasi yang alami bagi ikan. Ikan koinya senang dan gembira serta tidak lupa bahagia. 🙂

Indahnya jodoh itu!
Jodoh itu saling melengkapi!

CTS#1