• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Jaringan multimedia mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penikmat teknologi di era sekarang  yang memiliki banya sekali perangkat multimedia yang beragam dan saling berintegrasi satu sama lain. Tapi, dibalik semua itu ada suatu sistem yang menunjang terhubungnya media satu dengan yang lain dan  mengaturnya. Sistem itu disebut protokol jaringan multimedia. Perangkat dasar dari sitem ini adalah jaringan komputer yang berisi seperangkat komputer memiliki alamati (memiliki IP) dan terhubung satu sama lain menggunakan media kabel atau nirkabel. Jaringan komputer ini dibagi menjadi 3 tergantung luas daerah yang dijangkau yaitu, Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan Wireless Network Jaringan.

Apa itu protokol? Protokol adalah suatu standart yang disetujui untuk mengatur terjadinga sebuah komunikasi dan pertukaran data antara dua atau lebih perangkat komputer yang sudah teralamati. Protokol dapat ditambahkan ke perangkat keras (hardware), perngkat lunak (software), dan gabungan dai keduanya. Protokol jaringan yang umum digunakan adalah protokol yang menggunakan jaringan berbasis IP (internet protokol) yang didalamya terdapat lapisan protokol yang memilik tugas masing masing yang saling terhubung satu sama lain. Saling terhubungnya lapisan protoko di dalam jaringan berbasis IP bertujuan untuk menjebatani perbadaan bentuk maupun fungsi yang unik dari setiap protokol.

Dalam sebuah jaringan komunikasi terdapat OSI layer yang merupakan standart komunikasi yang berguna untuk menyambungkan alat komunikasi ke jaringan. OSI layer menggambarkan cara kerja dari jaringan komputer untuk membagikan sebuah data. Secara konseptual OSI layer terbagi dalam tujuh bagian yaitu physical, data link, network, transport, session, persentation, dan application yang memilik tugas spesifik masing masing. Protokol OSI merupakan protokol referensi yang digunakan untuk mengembangkan perangkat untuk jaringan, salah satu hasilnya adalah TCP/IP yang menjadi salah satu standart protokol.