Setiap insan yang hidup di bumi pasti mempunyai kelebihan masing masing. Inilah bentuk nyata dari anugerah Tuhan adalah Maha Adil. Variabel inilah yang biasa disebut “Faktor X” manusia.

Namun, tidak semua orang menyadari kehadiran variabel ini. Tidak semua orang mampu memanfaatkan ataupun mengembangkan X-KTP yang dia miliki. Maka dari itu, baiknya mulai sekarang kita mencari, menilai, memahami, dan mengembangkan X-KTP dalam diri kita masing masing.

Analisa pribadi saya dan beberapa pendapat teman saya mengatakan bahwa X-KTP yang ada dalam diri saya adalah mahir berdialektika. Apa itu berdialektika? Pemahaman saya tentang X-KTP saya adalah bahwa saya ulet dalam berkomunikasi dan berekspresi, baik dalam diskusi kelompok, organisasi, maupun forum kegiatan mahasiswa yang lain.

Teman teman saya beranggapan tidak semua orang mampu mengolah kata dengan baik saat berbicara, ataupun menjaga intonasi berbicara serta mimik wajah yang bisa membawa suasana. X-KTP inilah yang terus saya latih dan tempa dengan keras khususnya di dunia mahasiswa ini. Alhamdulillah saat ini saya diamanahi sebagai Menteri Sosial Kebangsaan BEM PENS untuk periode 2022-2023. Rasa syukur terus saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah swt. karena atas Rahmat-Nya saya diberi amanah ini dan saya bangga atas pencapaian ini.

Perjuangan masih belum berhenti, akan terus ada sampai akhir hayat nanti. Perlu adanya sikap tahan diri dari sifat takabur, perlu ada upaya lagi dan lagi untuk terus mengembangkan X-KTP saya. Sudah sejatinya mahasiswa tak ingin kalah dari yang lain, dan sudah sewajarnya mahasiswa mempunyai idealismenya sendiri.

Tak lupa ucapan terimakasih saya haturkan kepada Pak Firman yang telah membimbing saya dalam mata kuliah kewirausahaan, berkat beliau saya mampu untuk menggali, menyadari, dan meningkatkan kualitas X-KTP saya. Sekian dari saya, Hidup Mahasiswa!