Mengenal diri sendiri adalah sebuah usaha seseorang untuk melihat dan memahami apa saja kelebihan dan kekurangan pada diri seseorang tersebut, dengan tujuan untuk lebih bisa mengembangkan apa yang menjadi kelebihan dan dapat memperbaiki apa yang menjadi kekurangan.

Dengan mengetahui kelebihan yang ada pada diri sendiri dapat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan. Dengan memanfaatkan pengetahuan tentang kelebihan diri sendiri, seseorang dapat mengembangkan kelebihannya tersebut sebagai keunikan pada dirinya. Sehingga, dengan mempunyai kelebihan dapat membantu seseorang tersebut di kemudian hari, seperti pada saat bersosialisasi, bekerja, atau bahkan di lingkungan keluarga.

Setiap orang memiliki keunikan tersendiri yang mana dapat menjadi sebuah ciri khas dari orang tersebut. Ketika seseorang sudah dikenal dengan ciri khasnya yang unik, maka dapat menjadi nilai tambah bagi orang tersebut sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kelebihan yang dapat diunggulkan.

Kelebihan yang dinilai oleh teman-teman pada diri penulis adalah senang mengulik soal tentang hitungan, dengan mengerjakan soal perhitungan, penulis cukup menikmati dalam menyelesaikan permasalahan pada soal. Dengan senang menyelesaikan soal yang menggunakan logika, hal ini membantu penulis dalam menyelesaikan beberapa persoalan algoritma pemrograman. Memudahkan dalam memahami diagram alir dari sebuah persoalan yang kemudian dapat dituangkan kedalam program untuk selanjutnya digunakan dalam berbagai hal, seperti pada aplikasi Android.

Sekian dari penulis, terimakasih sudah membaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan pada tulisan ini. Semua yang tak terjamah pada artikel ini, semoga dapat dilengkapkan dengan artikel teman-teman yang lain.