Setiap manusia di dunia ini pada dasarnya pasti memiliki perbedaan. Memiliki potensi dan bakat (faktor-x) yang berlainan dan memiliki sifat uniknya masing-masing. Terdapat beberapa orang yang dengan baik mampu mengenali dan mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya. Namun tidak sedikit juga orang yang bahkan belum menyadari akan potensi dan bakat yang dimilikinya. Sulit menemukan potensi dalam diri bahkan tidak percaya diri dengan bakat yang dimiliki.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Buya Hamka bahwa “Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui kepribadian orang lain. Sebab itu, kenalilah dirimu sebelum mengenal pribadi orang lain.”

Mengenal diri sendiri adalah usaha seseorang untuk melihat dan memahami kelebihan serta kekurangan yang ada dalam diri. Langkah utama yang paling mudah untuk mengenali diri sendiri adalah bercermin dan memikirkan apa yang ada dalam diri kita sendiri jika kita sendiri kesulitan dalam menentukan dan menemukan potensi/faktor-x pada diri sendiri bantuan dari teman akan sangat membangun dalam memunculkan inspirasi dan potensi.

menurut saya sendiri “tau berarti mengenal dan dengan mengenal kita dapat mencintai seperti halnya pada diri kita sendiri”

Kesulitan dalam mengenali diri sendiri juga menjadi masalah saat saya ingin mengetahui apa potensi/faktor-x yang terdapat pada diri saya sendiri kesulitan dalam menilai diri dan bahkan tidak percaya pada diri sendiri bertanya-tanya apakah memang diri ini memiliki potensi atau bakat yang unik atau berbeda dengan orang lain. Disaat ini bantuan dari teman sangatlah penting orang lain kadang bisa menilai diri kita lebih baik dari pada kita mengenal diri kita sendiri

Dengan bantuan orang-orang terdekat dan apa yang telah saya dapat dari mengenal diri sendiri beberapa faktor-x pada diri saya adalah saya tipe orang yang cukup aktif dalam berkatifitas mudah akrab terhadap orang baru dan dapat berbaur/menyesuaikan lingkungan dengan cepat, tidak memilih teman dan dapat bekerja dimanasaja, senang mempelajari hal baru dan menganalisa, membuat laporan terhadap suatu persoalan maupun data, beberapa hobby lain dari saya adalah memikirkan sesuatu dengan cermat dan detail, gemar menggambar dan merupakan pribadi yang sabar dan pendengar yang baik.

Bila kita menghadapi masalah dan persoalan yang tidak dapat kita selesaikan mungkin sharing dan meminta saran dari teman atau orang terdekat adalah solusi atau cara yang tepat jangan malu dengan kekurangan dan teruslah bergerak maju.

Akhir kata mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan

Terimakasih telah membaca