Pulau Beras Basah adalah pulau yang terdapat di Selat Makassar Timur yang secara administrasi pulau ini berada di bawah pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki perairan yang dangkal di sekitarnya, dimana terdapat banyak makhluk laut yang tinggal disana. Rumput laut terbentang luas di bagian depan pulau ini, anda dapat menemukan banyak sekali bintang laut, ikan, ubur-ubur, teripang, cumi-cumi, udang, serta bulu-babi yang tersebar disana.

• Google+
Tampak depan Pulau Beras Basah

Kami seluruh siswa laki-laki angkatan 5 SMA Daarul Hikmah Boarding School berencana mengunjungi Pulau Beras Basah untuk merayakan kenaikan kelas. Beserta wakil kepala sekolah, kesiswaan dan dewan guru lainnya, kami berangkat pukul 07.00 pagi dan tentunya sudah mempersiapkan peralatan dan bekal untuk makan siang. Kami berangkat dari Pelabuhan Tanjung Laut Kota Bontang menggunakan Perahu Sedang yang muat membawa kurang lebih 50 orang.

Pulau Beras Basah dapat diakses melalui beberapa jalur. Yaitu Dermaga Badak NGL yang apabila menggunakan speed boat dari Dermaga tersebut hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Dan sisanya melalui Dermaga Tanjung Limau dan Dermaga Tanjung Laut menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu 45-60 menit.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 40-50 menit apabila cuaca dan ombak sedang baik. Kami sampai disana sekitar pukul 08.00. Setelah mengangkat semua barang-barang kami berkumpul terlebih dahulu untuk membaca Al-Matsurat dan membuka acara agar diberi berkah oleh Allah SWT.

• Google+

Berkumpul untuk pembukaan dan membaca Al-Matsurat

Setelah pembukaan kami bermain beberapa games yang disediakan oleh dewan guru. Lalu, sisa waktu dari jam 9.30 sampai jam 12.00 adalah waktu bebas. Kami bebas menelusuri pulau kecil yang indah ini. Kami menghabiskan waktu untuk berenang dan menelusuri biota laut yang berada di pulau ini. Namun, kami tidak mengambilnya. Karena kami memang tidak membutuhkannya.

Sisa waktu kami habiskan untuk makan ikan bakar, bersih-bersih badan, lalu sholat dhuhur berjamaah. Setelah berkemas dan membereskan sampah-sampah sisa makan siang kami pamit kepada penjaga pulau untuk meninggalkan pulau ini.

Walau singkat, pengalaman tersebut benar-benar luar biasa. Pulau ini merupakan harta bagi kami warga Kota Bontang. Jika anda berada di Kota Bontang, Jangan lupa untuk mengunjungi pulau ini. Karena walau sebentar anda berada di Pulau Beras Basah, Seketika anda akan melupakan masalah-masalah kehidupan anda. Anda akan dimanjakan dan akan rileks dikarenakan nikmatnya suasana laut yang indah.